Laporkan Masalah

METODE PELAKSANAAN, PRODUKTIVITAS DAN DURASI/WAKTU PEKERJAAN PERKERASAN KAKU MENGGUNAKAN MESIN PAVER G&Z S600 PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SOLO-KERTOSONO

WIJANG PERDANA, Suwardo, ST.,MT.,Ph.D.

2017 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL SV

Untuk mengatasi kemacetan yang semakin hari semakin parah, maka alternatif yang dilakukan yaitu dengan pembangunan jalan tol. Jalan tol di Indonesia saat ini semakin berkembang pesat dan semakin populer. Jalan tol Solo-Kertosono yang dibangun oleh PT. Waskita Karya (Persero) Tbk, merupakan jalan penghubung dari Solo menuju Kertosono. Jalan tol tersebut berfungsi untuk mengatasi kemacetan dan juga untuk meningkatkan pelayanan jasa distribusi agar meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih merata. Tujuan studi kasus pada magang di pekerjaan pembangunan jalan tol ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pelaksanaan dengan mesin paver G&Z S600 serta produktivitas dan durasi/waktu, teknologi, tahapan kerja di lapangan dan menguasai ilmu praktis dalam proses kerja di lapangan, dalam hal ini khususnya untuk pekerjaan perkerasan kaku (Rigid Pavement). Untuk alat dan bahan yang digunakan pada pekerjaan perkerasan kaku adalah mesin paver G&Z S600, beton segar kelas P, dowel, stringline, ruskam, dump truck dan excavator. Pada pekerjaan lean concrete menggunakan beton kelas E, truk mixer, jidar dan ruskam. Ruskam berfungsi untuk meratakan dan menghaluskan beton secara manual. Jedar digunakan untuk pembatas pengecoran. Berdasarkan hasil pengamatan dan proses pekerjaan dapat disimpulkan bahwa pemilihan penggunaan mesin paver G&Z S600 sangatkah tepat. Proses pengerjaan perkerasan kaku menjadi lebih cepat, efektif dan kualitasnya memuaskan. Pada bulan Maret 2017, total produktivitas mesin paver G&Z S600 mencapai 344,5755 m³/jam, dengan rata-rata 11, 1153 m³/jam/hari. Total volume beton yang telah dikerjakan yaitu 1673,5 m³, dengan rata-rata 53,9839 m³/hari. Total durasi/waktu beroperasinya mesin paver tersebut yaitu 53,860 jam. Dalam satu bulan mesin tersebut beroperasi sebanyak 11 kali, bila dirata-ratakan menjadi 1,7374 jam/hari.

To resolve congestion the increasingly severe traffic jams, then the alternative is with the construction of Toll Road. Toll Road in Indonesian is growing rapidly and increasingly popular. The Solo-Kertosono Toll Road was built by PT. Waskita Karya (Persero) Tbk, connecting from Solo to Kertosono. The fungtion of that Toll Road is to resolve jamming and also to increasing distribution services in order to increase economic growth more flat. The purpose of case study in this Toll Road construction is to know how the implementation metode G&Z S600 machine and control of time and cost, technology, work stage in the work place and mastering practical science in the work place, especially for rigid pavement job. For the tools and materials used are G&Z S600 machine, grade P fresh concrete, dowel, stringline and also excavator. On the lean concrete work using class E concrete, mixer truck, jidar and trowel. Trowel function is to leveling and smoothing concrete manually. Jidar is used to bordering concrete work. Based on result of observation and work process can be concluded that the election of using G&Z S600 paver machine is right. The process of rigid pavement work becomes faster, effective and the quality is statisfy. On the March 2017, total productivity paver machine G&Z S600 reach 344,5755 m³/hour, with average 11,1153 m³/hour/day. Total concrete volume that have done is 1673,5 m³, with average 53,9839 m³/day. The total duration/time of the operation of this paver machine is 53,860 hours. In one month these machine operate as many as 11 times, when average into 1,7374 hour/day.

Kata Kunci : Rigid Pavement, Toll Road, Paver Machine G&Z S600.

  1. D3-2017-368548-abstract.pdf  
  2. D3-2017-368548-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-368548-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-368548-title.pdf