Laporkan Masalah

Penyimpangan Perilaku Chemyon dalam Industri Online Game Korea Selatan

ANISA BELLA PRATIWI, Yuni Wachid Asrori, S.S., M.A.

2017 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA SV

Tugas Akhir ini berjudul "Penyimpangan Perilaku Chemyon dalam Industri Online Game Korea Selatan". Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui penyimpangan perilaku chemyon yang terjadi pada masyarakat Korea Selatan dalam bidang industri online game sebagai akibat dari perubahan sosial. Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di Asia dengan perkembangan teknologi yang pesat. Salah satu hasil dari pengembangan teknologi tersebut adalah munculnya online game. Online game menjadi salah satu bidang industri yang mendorong perekonomian Korea Selatan karena populeritasnya. Populernya online game mengakibatkan masyarakat Korea Selatan hidup dalam dua dunia, yaitu dunia nyata dan dunia maya. Adanya dunia maya menjadi tantangan tersendiri bagi chemyon, untuk dipraktikan dalam kehidupan modern masyarakat Korea Selatan. Tugas Akhir ini hanya membahas latar belakang penyimpangan perilaku chemyon dalam industri online game beserta bentuk penyimpangannya. Metode penelitian Tugas Akhir ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari sumber terkait chemyon beserta industri online game di Korea Selatan. Perubahan sosial memang terjadi di masyarakat Korea Selatan, sehingga membuat chemyon mengalami perubahan konsep. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penelitan dari beberapa ahli sosial. Penyimpangan perilaku chemyon disebabkan munculnya dunia baru, yaitu dunia maya. Dalam industri online game, diwujudkan dengan adanya virtual crime, penelantaran anak, pembunuhan, dan penurunan prestasi. Online game sudah seperti candu yang menjerat pemain hanya untuk fokus di dunia maya. Demi mengatasi hal tersebut, pemerintah Korea Selatan membuat peraturan beserta tempat rehabilitasi.

This paper is entitled "Chemyon Behaviour Deviation in South Korea's Online Game Industry". The purpose of this study is to find out about chemyon behavior deviation that happens to South Korean society in online game industry as the impact of social change. South Korea is one of the developed countries in Asia with their technology development which is rapidly growing day by day. One of their technology development products is online game. Online game becomes one of the industries that support South Korea's economic by its popularity. The popularity of online game among South Korean society has led them to live in two worlds, the real life and cyberspace. The existences of cyberspace has become a challenge for chemyon in South Korea modern society This study only focuses on chemyon behavior deviation in online game industry and the deviation samples. This graduation paper utilizes qualitative method by collecting and analyzing data from related articles such as chemyon and online game industry in South Korea. Social change does happen in South Korean society; it has become a reason why chemyon experiences concept displacement. There are previous researches relatable to this. Chemyon deviation is caused by the new world, cyberspace. In the online game industry chemyon behavior deviation was manifested by the virtual crime, child negligence, murders, and the drop of academic performance. Online game is like a drug which causes players' detachment from the real world. In order to handlel the situation, South Korea government has established a rule and rehabilitation institutions.

Kata Kunci : Konfusianisme, Chemyon, Online Game, Korea Selatan

  1. D3-2017-361997-abstract.pdf  
  2. D3-2017-361997-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-361997-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-361997-title.pdf