METODE PELAKSANAAN JEMBATAN SEMENTARA LEBAK GEDONG PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL KAYU AGUNG - PALEMBANG - BETUNG (KAPAL BETUNG)
BAYU AJI, Nursyamsu Hidayat, ST., MT.,Ph.D.
2017 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL SVDi dalam suatu pekerjaan proyek jalan tol Kayu Agung -Palembang - Betung (KAPAL BETUNG) dimana akses untuk mengakomodasi kendaraan yang berkepentingan di lokasi proyek dimulai dari pemindahan bahan bangunan, jalur akses alat berat, jalur pekerja menuju tempat lokasi proyek pembangunan jalan tol. Dibutuhkan jembatan sementara untuk memperlancar pembangunan proyek tersebut dan memaksimalkan waktu pengerjaan hingga tepat waktu. Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui metode pelaksanaan jembatan sementara Lebak Gedong sebagai akses kendaraan yang digunakan di dalam proyek pembangunan jalan tol Kayu Agung - Palembang - Betung (KAPAL BETUNG). Hal ini membutuhkan jembatan sementara yang mampu menopang beban yang bekerja pada jembatan. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah metode observasi (pengamatan di lapangan), metode interview (wawancara langsung), metode diskriptif, dan metode analisis. Dibutuhkan jembatan sementara yang mampu menahan beban dan agar tidak terjadi penurunan yang begitu cepat akibat beban yang ditimbulkan oleh kendaraan - kendaraaan yang berkepentingan dalam proyek melintas dan didapatkan kondisi jembatan yang stabil sesuai dengan yang dibutuhkan hingga terselesaikannya jembatan permanen yang menghubungkan trase jalan yang terhambat oleh sungai di Lebak Gedong.
In the work of the Kayu Agung Palembang - Betung (KAPAL BETUNG) toll road project, the access to accommodate the vehicles concerned at the project site starts from the transfer of building materials, heavy equipment access point, worker path to the location of the toll road development project. A temporary bridge is needed to facilitate the construction of the project and maximize processing time to timely. The purpose of this report is to know the method of implementing the temporary bridge Lebak Gedong as the access of vehicles used in the construction project of Kayu Agung Palembang - Betung toll road (KAPAL BETUNG). This requires a temporary bridge capable of supporting loads that work on the bridge. The method used in this study is the method of observation (observation in the field), the method of interview (interview), descriptive methods, and analytical methods. It takes a temporary bridge that is able to withstand loads and in order to avoid a rapid decline due to the burden caused by the vehicles - the vehicle concerned in the project passes and found stable condition of the bridge in accordance with the required until the completion of a permanent bridge connecting the road trails are obstructed by the river In Lebak Gedong.
Kata Kunci : metode, jembatan sementara