Laporkan Masalah

Konsumsi Personal Care Indonesia: Tren Konsumsi Rumah Tangga Indonesia terhadap Produk Personal Care 2000-2014

MOHAMMAD FITRI HIDAYATULLAH, Drs. Ahmad Jamli, M.A.,

2017 | Skripsi | S1 ILMU EKONOMI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pengeluaran konsumsi personal care di Indonesia dan perbedaan rata-rata konsumsi personal care berdasarkan karakteristik demografi rumah tangga. Data menggunakan Indonesia Family Life Survey (IFLS) yang terdiri dari data set 3, 4 dan 5. Analisis utama menggunakan ANOVA dengan penyesuaian nilai variabel menggunakan skala konsumsi OECD dan Indeks Harga Konsumen (IHK) tahun dasar 2002. Hasil dari estimasi didapatkan bahwa rata-rata konsumsi dari personal care individu Indonesia meningkat 22% di 2000-2007 dan 94% di 2007-2014. Secara karakteristik demografi didapatkan bahwa rumah tangga yang dipimpin seorang perempuan konsumsi personal carenya lebih besar 24%. Sedangkan, Rumah tangga yang memiliki ibu diatas 60 tahun dan ibu dengan tingkat pendidikan sekolah dasar konsumsi personal care rumah tangga lebih rendah daripada kategori lain. Selain itu, kategori rumah tangga dengan tingkat pendapatan diatas 40% bawah dan tipe rumah tangga lajang secara umum menunjukan tingkat konsumsi yang lebih besar.

This study aims to determine the changes of personal care consumption in Indonesia and the mean deviation of personal care consumption based on socio-demographic characteristics. In this research used Indonesia Family Life Survey (IFLS) consisting of data sets 3, 4 and 5. The primary method using ANOVA with adjustment value use OECD consumption scale and the Consumer Price Index (CPI) based on year 2002. The Results found that the average consumption of personal care increased by 22% in 2000-2007 and 94% in 2007-2014. Based on socio-demographic characteristics found that the household who led by a woman, the personal consumption is larger by 24% than others. Meanwhile, Household who has a mother over 60 years old and a mother with level of education in primary school, the personal care consumption is lower than the other categories. Furthermore, the household who has level income 40% above and type of households who live alone, generally show the greater levels of consumption.

Kata Kunci : konsumsi, personal care, perilaku konsumen, rumah tangga, gender

  1. S1-2017-346829-abstract.pdf  
  2. S1-2017-346829-bibliography.pdf