Laporkan Masalah

Analisa Kerusakan Final Drive LH Komatsu D155A-6 Melalui Program Analisa Pelumas

RYAN DONI WISNUTOMO, Ir. Susanto Johanes, M.T.

2017 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PERAWATAN ALAT BERAT

Bulldozer merupakan sebuah traktor rantai yang berguna untuk pekerjaan menggali, menggusur, mendorong tanah atau material dan menarik batang kayu. Bulldozer dalam dunia tambang digunakan untuk pembukaan lahan baru (land clearing) pada lokasi masih berupa hutan. Bulldozer yang dimiliki PT. Pamapersada Nusantara distrik Adaro dengan nomor kode DZ1099 mengalami kerusakan pada final drive LH. Final drive LH merupakan komponen yang sangat vital karena termasuk bagian dari sistem penggerak. Kerusakan ini diketahui melalui Program Analisa Pelumas yang membaca adanya deviasi keausan yang tidak normal pada final drive LH. Dengan motode observasi, tujuan dari penelitian mengetahui peryebab utama, menormalkan kerusakan serta mengtahui umur sisa pakai komponen final drive LH. Berdasarkan observasi terdapat goresan pada carrier yang dikarenakan longgar terlalu tinggi, yang membuat carrier dan housing bergesekan. Longgar yang terlalu tinggi ini disebabkan karena preload dan endplay pada main bearing terlalu tinggi. Serta perhitungan sisa umur komponen, didapatkan sisa umur komponen final drive LH setelah dilakukan perbaikan selama 29 bulan.

Bulldozer is a useful chain tractor for the work of digging, pushing, pushing soil or material and pulling a log. Bulldozers in the world of mining are used for land clearing in forested areas. Bulldozer owned by PT Pamapersada Nusantara Adaro district with the code number DZ1099 damaged on the final drive LH. Final drive LH is a very vital component because it includes part of the power train system. This damage is known through a lubricant analysis program that reads an abnormal wear deviation in the final drive LH. With the method of observation, the purpose of the study to know the main cause, normalize the damage and to know the life of the remaining components of the final drive LH. Based on observations there are scratches on the carrier due to loose so wide that makes the carrier and housing rubbing. That loose is caused because the preload and endplay on main bearing is too high and calculation of the remaining life of component, obtained the remaining age of component final drive LH after repair for 29 months.

Kata Kunci : Bulldozer, Komatsu, D155A-6, Final Drive LH

  1. D4-2017-351757-abstract.pdf  
  2. D4-2017-351757-bibliography.pdf  
  3. D4-2017-351757-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2017-351757-title.pdf