Laporkan Masalah

The Impact of Teaching Approaches in Mr. Bob Kampung Inggris on English Speaking Fluency

MAS AYU ASTRI W, Dr. Endang Soelistiyowati

2017 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Pengelola dari Mr. Bob Kampung Inggris menganggap bahwa untuk mempelajari Bahasa Inggris bagi pemula bisa dimulai dari berbicara. Hal ini mengingatkan bahwa Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa pengantar yang dipakai oleh sebagian besar penduduk dunia. Untuk mempermudah orang Indonesia dalam mengerti Bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing, Mr. Bob Kampung Inggris memiliki metode tersendiri untuk membantu siswanya untuk belajar Bahasa Inggris. Tugas akhir ini bertujuan untuk membahas tentang dampak pendekatan pembelajaran di Mr. Bob Kampung Inggris dalam mengembangkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Data yang digunakan dalam tugas akhir ini merupakan data yang diambil dari hasil praktik kerja lapangan selama 5 bulan di Mr. Bob Kampung Inggris. Selama melakukan praktik kerja lapangan, beberapa observasi telah dilakukan dengan melakukan, wawancara secara langsung dengan pemilik lembaga, mengambil foto, mengumpulkan data, serta mengikuti kegiatan mengajar belajar di kelas. Hasil yang didapat selama mengikuti praktik kerja lapangan adalah bahwa Mr. Bob Kampung Inggris menggabungkan gaya mengajar dan gaya belajar dalam kegiatan pembelajaran di kelas sebagai pendekatan pengajaran. Ada tiga dampak dalam penerapan pendekatan pengajaran untuk siswa. Dampak pertama adalah siswa mendapatkan pengetahuan baru dalam Bahasa Inggris, dampak kedua siswa mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya, dan yang terakhir siswa mempunyai sikap saat mereka berbicara bahasa Inggris.

The management of Mr. Bob Kampung Inggris believed that to learn English for beginners can be started from speaking. It stressed that English comes to be one of widely-used language which is spoken by major part of word population. Furthermore, Mr. Bob Kampung Inggris helps people in learning and understanding English that known as a foreign language. This graduating paper aims to discuss the impact of learning approaches in Mr. Bob Kampung Inggris on speaking fluency. The data used in this final project is taken from the internship program during 5 months in Mr. Bob Kampung Inggris. During the internship, some observations were done by doing an interview with the owner, taking the photos and collecting data as documentations, and following the learning activity in the class. The result of the research reveals that Mr. Bob Kampung Inggris has combined both teaching styles and learning styles into classroom activity as the teaching approaches. There are three impacts of the teaching approaches toward members, the first is the members have new knowledge in English, the second is members can improve their English competence, and the last is members can have attitude when they speak English.

Kata Kunci : Mr. Bob Kampung Inggris, Pendekatan Pengajaran Bahasa Inggris, Metode Lancar Berbahasa Inggris/Mr. Bob Kampung Inggris, English Teaching Approaches, English Speaking Fluency Method

  1. D3-2017-355909-abstract.pdf  
  2. D3-2017-355909-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-355909-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-355909-title.pdf