Laporkan Masalah

Hubungan antara Executive Function dan Tingkat Pendidikan Orangtua dengan Theory of Mind pada Anak Usia 5-6 Tahun

EKA RIRI PUTRI YANTI, Supra Wimbarti, M.Sc., Ph.D

2017 | Tesis | S2 Psikologi

Theory of mind (ToM) merupakan hal yang penting dalam perkembangan anak usia dini supaya anak dapat memahami status mentalnya sendiri dan juga orang lain. Kurangnya kemampuan ToM pada anak akan memberikan dampak yang negatif, terutama dalam hal keterampilan bersosialisasi, ketika anak tidak mengembangkan ToMnya dengan baik maka terdapat masalah pada anak, yaitu terjadi masalah dalam empati anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana keterkaitan antara executive function (EF) dan tingkat pendidikan orangtua terhadap ToM pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan di TK Masjid kampus UGM, dengan subjek sebanyak 50 orang anak usia 65-77 bulan. Pengukuran yang digunakan adalah dengan tugas false belief dan tugas executive function. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik biner. Pengujian hipotesis mellaui Omnibus Test of Model Coefficient dengan skor Chi-square= 59,824; p=0,000; p<0,01. Hasil tersebut menunjukkan bahwa executive function dan tingkat pendidikan orangtua secara bersama-sama dapat memprediksi dengan sangat signifikan kemampuan theory of mind pada anak usia dini. Selanjutnya, sumbangan efektif yang dihasilkan dari model ini adalah sebesar 63,2%.

Theory of mind (ToM) is important in early childhood development so that children can understand their own mental status as well as others. Lack of TOM skills in children will have a negative impact, specially in terms of socializing skills, when children do not develop their ToM well then there is a problem in children, that is, there is a problem in empathy. This study aims to see how the relationship between executive fuunction (EF) and the level of parental education to ToM in children aged 5-6 years. The research was conducted at TK Masjid UGM campus, with subject as many as 50 children aged 65-77 months. Measurements used are with the task of false belief and task executive function. Data analysis used is binary logistic regression analysis. Hypothesis testing through Omnibus Test of Model Coefficient with score Chi-square = 59,824; P = 0,000; P <0.01. These results indicate that executive function and parental education levels can simultaneously predict with very significant ability of theory of mind in early childhood. Furthermore, the effective contribution generated from this model is 63.2%.

Kata Kunci : theory of mind, executive function, tingkat pendidikan orangtua, anak usia usia 5-6 Tahun

  1. S2-2017-354525-abstract.pdf  
  2. S2-2017-354525-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-354525-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-354525-title.pdf