ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PERUSAHAAN PENYEDIA JASA SEWA MENARA PT GIHON TELEKOMUNIKASI INDONESIA
Nyaryanti, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A.,
2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTAINTISARI Penelitian ini adalah untuk menganalisis lingkungan eksternal industri dan persaingan para perusahaan penyedia jasa sewa menara. Untuk menganalisis lingkungan internal PT Gihon Telekomunikasi Indonesia secara menyeluruh. Dan yang terakhir untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis PT Gihon Telekomunikasi Indonesia dalam bertahan dan mencapai pertumbuhan dengan menggunakan rerangka strategi diamond. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan analisis kasus. Peneliti melakukan analisis secara mendalam atas semua data dan informasi yang ada di PT Gihon Telekomunikasi Indonesia. Penelitian dimulai dengan melakukan analisis lingkungan eksternal perusahaan yang meliputi analisis lingkungan makro-PESTEL, analisis lingkungan bisnis perusahaan penyedia jasa sewa menara, analisis menggunakan lima kekuatan kompetitif Porter, dan analisis menggunakan faktor sukses kunci. Analisis lingkungan internal perusahaan diawali dengan melakukan analisis terhadap visi dan misi PT Gihon Telekomunikasi Indonesia, analisis SW, analisis rantai nilai dan VRIO-keunggulan kompetitif. Tingkat persaingan dalam hal harga sewa menara antara perusahaan penyedia jasa sewa menara, menuntut perusahaan untuk menerapkan strategi yang terintegrasi agar mampu bertahan dan tumbuh. PT Gihon Telekomunikasi Indonesia belum menerapkan strategi secara terintegrasi. Fokus perusahaan hanya pada strategi efisiensi biaya, tanpa memperhatikan solusi permasalahan lain yang sedang dihadapi perusahaan. Akibat penerapan strategi yang hanya fokus pada satu hal, mengakibatkan munculnya masalah antara lain biaya denda yang seharusnya bisa dihilangkan. Selain itu proses pertumbuhan penambahan jumlah menara juga terbatas karena keterbatasan sumber daya potensial sesuai bidangnya dan keterbatasan dana untuk melakukan akuisisi menara.
ABSTRACT This research is made to analyze the industrial external environment and competition of tower provider companies, then to analyze the internal environment of PT Gihon Telekomunikasi Indonesia. And at last, it is made to formulate the business development strategy of PT Gihon Telekomunikasi Indonesia, the sustainability within the industry and and achieving growth using diamond strategy framework. The research is a descriptive analytic research method using case analysis approach. Researchers conducted an in-depth analysis of all data and information in PT Gihon Telekomunikasi Indonesia. The research begins by conducting an analysis of the company's external environment that includes macro-PESTEL environment analysis, the business environment analysis of tower providers, the analysis using the five competitive forces of Porter, and analysis using key success factors. The company's internal environment analysis begins by analyzing the vision and mission of PT Gihon Telekomunikasi Indonesia, SW analysis, value chain analysis and VRIO-competitive advantage. The level of competition of tower lease prices between tower provider companies requires the companies to adopt an integrated strategy to survive and grow. PT Gihon Telekomunikasi Indonesia has not implemented an integrated strategy yet. The focus of the company is based on a cost-efficiency strategy, regardless of the solution of other problems that the company is facing. Due to the implementation of a strategy that only focuses on one thing, resulting in the emergence of problems such as the cost of fines that should be avoided. In addition, the growth process of the additional towers is also limited due to limited potential resources in its filed and limited funds to acquire towers.
Kata Kunci : Kata kunci: Strategi diamond, lingkungan eksternal industri, lingkungan internal perusahaan, perusahaan penyedia jasa sewa menara.