PERENCANAAN BISNIS ORGANIK URBAN FARMIN WITH AQUAPONIC METHOD
REZKI AULIA PRAMUDIT, BM Purwanto Dr., MBA.
2017 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rencana bisnis Pertanian Organik Kota dengan Metode Akuaponik, disebut dengan POKA Bilafam. Rencana bisnis ini merupakan dokumen tertulis yang menjabarkan segala aspek usaha yang akan dijalankan baik secara internal maupun eksternal dan berbagai rencana strategis. Rencana strategis ini terkait dengan segala aspek fungsional yaitu mulai dari perencanaan operasional, pemasaran, sumber daya, dan juga aspek finansial. Dalam merencanakan suatu bisnis diperlukan analisis faktor internal dan eksternal yang digunakan untuk mengetahui peluang usaha yang ada di lapangan. Dalam upaya menciptakan bisnis baru Pertanian Kota Organik dengan metode akuaponik digunakan pendekatan peta empati. Peta empati merupakan teknik yang digunakan untuk mengetahui pengetahuan lebih terhadap konsumen. Menggunakan teknik ini memberikan berbagai informasi apa yang menjadi keinginan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan memanfaatkan kuesioner untuk mengumpulkan data dari 75 responden yang mewakili berbagai latarbelakan kelompok masyarakat di Surabaya termasuk dosen, mahasiswa, guru, karyawan, dan wirausahawan. Teknik Diskusi Kelompok Terarah digunakan untuk mengumpulkan data dari 7 partisipan terpilih yang mewakili kelompok komunitas yang memiliki pengetahuan dan pengalaman produk organik. Untuk memperoleh informasi tentang prospek bisnis pertanian organik kota, dilakukan pula wawancara terhadap pelaku usaha peertanian kota Kebunsayur Surabaya yang memiliki karakter usaha identik dengan bisnis yang akan dijalankan.Pengamatan terhadap salah satu supermarket yang menjuan produk organik juga dilakukan untuk mengetahui harga produk sayur dan ikan organik. Data yang dikumpulkan terutama dari kelompok diskusi terarah dan kuesioner dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh gambaran terhadap kelaikan bisnis POKA. Hasil analisis kelaikan memberikan bukti bahwa bisnis POKA Bilafam memiliki nilai positif terlihat dari analisis kelaikan bisnis pada 5 tahun pertama jika dilihat dari nilai NVP sebesar Rp. 688,723,437, IRR 82% dan Payback pariod 1,84 tahun dengan jumlah investasi awal sebesar Rp. 285,327,400. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rencana bisnis POKA Bilafam laik untuk dijalankan.
The purpose of the study was to develop a business plan for Organic Urban Farming by Using the Aquaponic Method noted as POKA Bilafam. A business plan is considered as a written document that describes all aspects of the business to be run both internally and externally and strategic plan. The strategic plan is associated with all functional aspects ranging from operational plans, marketing,resources, and financial aspects. In developing a business plan, there is a need analysis of internal and external factors that are used to determine the business opportunities that exist in the field. In an effort to develop a new business of POKA, the empathy map technique was utilized as the basis of this research to acquire more knowledge of the consumer and variety of information of what the consumer desires. The survey method by using the questionnaire technique was employed to collect data from a number of sample (n=75) representing a group of middle class people in Surabaya including lecturers, students, workers. teachers, and entrepreneurial people. The Focus Group Discussion technique was adopted to collect data from 7 participant representing a group of people who were considered to have knowledge and experience in business organic vegetable and fish. To obtain more information about the prospect of the business in organic urban farming, an experienced person in this area of business was purposesively selected for being interviewed. Moreover, an observation of one of the supermakets selling organic products in Surabaya was undertaken to collect data regarding the current prices of organic vegetables and fishes. The main data obtained from questionnaires were analysed by using descriptive statistics in order to draw the feasilibility of the new business of POKA Bilafam. The results of analyses, together with the data from focus group discussion, interview, and observation provided evidence that the business being developed i.e. POKA Bilafam would be prospective and has a positive value. The result of the financial analysis indicated that the NVP value of IDR. 688,723,437, IRR of 82% and Payback period of 1.3 years with the amount of initial investment of IDR. 285,327,400. It can be concluded, therefore, that the business plan of POKA Bilafam is feasible to be implemented.
Kata Kunci : Rencana bisnis, Pertanian organik kota, Peta empati, Kanvas model bisnis, Analisis kepentingan dan kinerja, Business Plan, Organic urban farming, Empathy Map, Canvas Business Model, Importance Performance Analysis