Laporkan Masalah

PERAN KONSEP DIRI AKADEMIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA REMAJA

WAHDAH INDAH, Prof. Dr. Thomas Dicky Hastjarjo

2017 | Tesis | S2 Psikologi

Remaja sebagai siswa yang mengikuti proses kegiatan belajar banyak menghabiskan waktunya di sekolah, keberhasilan remaja dalam kegiatannya di sekolah dapat diungkap dengan prestasi akademik. Keberhasilan remaja dapat menjadi prediktor keberhasilan mereka di masa perkembangan selanjutnya, dan prestasi belajar ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya konsep diri akademik dan motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konsep diri akademik dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik remaja. Penelitian dilakukan pada siswa SMP Negeri "X" yang berjumlah 61 siswa dengan menggunakan skala konsep diri akademik (alfa=0,763), skala motivasi berprestasi (alfa=0,912), dan nilai rapor. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa variabel motivasi berprestasi tidak memiliki kontribusi yang signifikan terhadap prestasi akademik. Konsep diri akademik dan motivasi berprestasi secara bersama-sama memiliki memberikan sumbangan sebesar 32,6% terhadap prestasi akademik remaja (R square=0,326, sig=0,000). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri akademik dan motivasi berprestasi merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi akademik pada remaja.

Adolescents as students who follow the process of learning activities spend much time in school, the success of adolescents in their activities at school can be revealed with academic achievement. The success of adolescents can be a predictor of their success in the next development period, and this learning achievement is influenced by various factors, including academic self-concept and achievement motivation. This study aims to determine the role of self-concept of academic and achievement motivation to adolescent achievement. The study was conducted on the students of SMP Negeri "X" which amounted to 61 students by using the scale of academic self-concept (alpha=0,763), achievement motivation scale (alpha=0,912), and the value of report card. The results of multiple regression analysis indicate that the achievement motivation variable did not have any significant contribution towards academic achievements. Academic self-concept and achievement motivation altogether gave an 32,6% contribution to academic achievement (R square=0,326, sig=0,000). The findings of the research showed that academic self-concept and achievement motivation are factors that can influence academic achievement.

Kata Kunci : konsep diri akademik, motivasi berprestasi, prestasi akademik

  1. S2-2017-354705-abstract.pdf  
  2. S2-2017-354705-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-354705-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-354705-title.pdf