Laporkan Masalah

Representasi Brand Image melalui Karakter Sticker Line Messenger :(Analisis Semiotika Visual terhadap Karakter Sticker Chocolatos).

FIDDIINI, Adinda Ayu, Widodo Agus Setianto

2014 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

ABSTRAKSI Brand membutuhkan perawatan untuk dapat tetap diterima, hidup, dan beradaptasi dengan keadaan sekitar. Variasi dalam cara berkomunikasi yang dilakukan merupakan suatu cara yang dapat dilakukan agar mampu memunculkan sebuah image yang positif. Sticker gratis yang dibagikan oleh Chocolatos menjadi salah satu contohnya. Chocolatos tercatat sebagi brand pertama asli Indonesia yang memanfaatkan sticker LINE messenger untuk tujuan branding. Kemunculan LINE messenger sebagai salah satu instant messenger yang menyediakan layanan berbagi sticker menjadi sebuah sarana baru yang dimanfaatkan oleh Chocolatos dalam kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan. Semiotika visual digunakan untuk mengkaji tanda-tanda yang dapat ditemukan dan mampu mengarahkan representasi atas image yang coba dibangun oleh Chocolatos. Nyatanya, sticker yang dibagikan dan hanya dilihat sebagai sebuah hasil grafis elektronik mampu mengandung makna yang secara konotatif merepresentasikan brand image melalui tanda visual yang dikandungnya. Chocolatos menyisipkan pesan-pesan melalui penggambaran dan perwujudan sticker mengarahkan representasi pada prinsip-prinsip yang dideklarasikan oleh Chocolatos sebagai jati diri atau image Chocolatos terkait eksistensinya dalam persaingan bisnis kategori wafer stik. Sticker yang dilihat secara visual, memiliki makna implisit yang lebih luas dan jamak yang dikemas secara masif dalam memanfaatkan fenomena teknologi yang adiktif. Kata kunci: brand image, digital sticker, makna, semiotika representasi, tanda visual

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.