Laporkan Masalah

Multikulturalisme dalam Video Game :(Analisis Semiotik Representasi Multikulturalisme dalam Video Game The Elder Scrolls V:Skyrim).

WAHYUONO, Jusuf Ariz, Ardian Indro Yuwono

2013 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

A. KESIMPULAN Pada bagian ini penulsi akan membahas kembali mengenai apa yang telah penulis dapatkan pada penelitian ini. hasil analisis penulis merujuk pada suatu pembentukan konsep dan ideologi yang dilakukan oleh Bethesda sebagai perusahaan dibalik terciptanya video game ini yang mempunyai kiblat ideologi negara-negara barat. penulis akan memulai kembali melihat dari narasi game,lingkungan, audio dan gameplay. Visualisasi lingkungan permainan mengarahkan pemaian menuju pemahaman Eropa sebagai lokasi permainan. adanya pegunungan bersalju dan rumah-rumah dengan bentuk desain arsitektur eropa yang dapat ditemukan sepanjang permainan menjadi elemen penting yang mengarahkan pengkondisian suasana tersebut. Dalam bab karakter ras penulis melihat bahwa beberapa ras digambarkan sebagai representasi langsung karaterisitik ras-ras Kaukasid, ras asli Eropa. hal ini digambarkan melalui penggamabran ras Nord dan Imperial. adapun ras lain, yaitu ras Redguard yang mererpresentasikan ras Moor, pemukim muslim daratan barat Eropa pada abad Pertengahan. Kaitannya dengan developer yang berasal dari Amerika, menulis memandang bahwa hal ini menggambrakan sudut pandang developer dalam melihat keberagaman di Amerika. Sebagaimana representasi ras ras Kaukasid dan Moor, dianggap sebagai manusia, sekaligus ras yang titik sentral dalam melihat keragaman karakteristik makhluk di sekitarnya. Menurut penulis, penggambaran semacam ini telah masuk kedalam sudut pandang yang merujuk kepada kategori white-American. Dimana kategori merujuk kepada kaum asli yang berasal dari Eropa, Timur tengah, atau Afrika Utara. Termasuk didalamnya ras asli Irlandia, Jerman, Italia, Lebanon, Arab, Maroko, atau Kaukasia. Kategori White-American merupakan penududuk mayoritas dari Amerika. 124 Berikutnya, penulis meneliti mengenai karakter-karakter kelompok-kelompok etnik dalam game The Elder Scrolls V: Skyrim. Menurut penelitian dari penulis, karakter dan perlengkapan dari ras atau etnis yang berkulit putih atau identik dengan ras eropa White-American di representasikan sebagai kelompok kelas atas, indigenous serta yang paling kuat (superior) daripada ras atau kaum lainnya. Representasi tersebut bukannya tanpa maksud. Penulis melihat bahwa ini merupakan salah bentuk penggambaran liyan (the others) sebagai inferior.

Kata Kunci : Permainan Elektronik


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.