Laporkan Masalah

Pemanfaatan Interaktifitas Intranet sebagai Media Komunikasi Internal Online Public Relations : (Studi kasus pemanfaatan Interaktivitas My Indosat dan E-mail Blast di PT Indosat Tbk.

SIREGAR, Yuli Nazliyani, I Gusti Ngurah Putra

2013 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk menguak pemanfaatan interaktivitas media intranet yang digunakan PT Indosat Tbk. sebagai media komunikasi internal online PR berupa My Indosat dan E-mail Blast. Kedua media intranet tersebut telah cukup lama digunakan oleh Indosat, sejak tahun 2006. Pada tahun-tahun tersebut, di mana Indosat masih berada di bawah kepemilikan Singapura, kedua media intranet tersebut sering dimanfaatkan oleh karyawan untuk melakukan komunikasi internal. Namun karena adanya perubahan kepemilikan pada tahun 2008 yang bertepatan dengan adanya transformasi pada media intranet, pemilik yang baru yaitu Qatar memiliki tantangan untuk menjalin komunikasi internal kepada karyawannya. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan pemanfaatan My Indosat dan E-mail Blast. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi langsung ke lapangan, wawancara, dan studi dokumen. Dalam penelitian ini, penulis mengamati bagaimana komunikasi internal yang terjadi pada kedua media intranet tersebut, dan kemudian mempelajari output berupa print-screen hasil pembicaraannya. Berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan, kedua media intranet Indosat sudah cukup interaktif, dianalisis menggunakan teori McMillan (2002) dengan indikator user-to-user interactivity. Komunikasi internal yang terjalin di dalamnya juga sudah terselenggara sesuai dengan aliran komunikasi yang dikemukakan oleh Pace and Faules (2001) yaitu downward communication, upward communication, komunikasi horizontal dan komunikasi lintas-saluran. Namun sangat disayangkan, pemanfaatan kedua media intranet tersebut saat ini kurang dioptimalkan baik oleh perusahaan maupun oleh karyawan dikarenakan adanya beberapa faktor hambatan, yang bermuara pada kurangnya kesadaran perusahaan terhadap peran divisi Intercomm sebagai PR internal perusahaan.

Kata Kunci : Komunikasi Internal


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.