Laporkan Masalah

Strategi Komunikasi Pelibatan Masyarakat dalam Program Corporate Social Responsibility

MAULA, Defia Ifsantin, I Gusti Ngurah Putra

2012 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

ABSTRAKSI Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pelibatan Masyarakat dalam Program Corporate Social Responsibility Studi Kasus PT Perkebunan Negara VII (Persero). Penelitian ini dilakukan di Kantor Direksi PTPN VII (Persero) yang bertempat di Bandar Lampung dengan tujuan mendeskripsikan strategi komunikasi yang digunakan oleh PTPN VII (Persero) untuk melibatkan masyarakat dalam program CSR mereka. Kasus yang dianggap menarik dalam penelitian ini adalah bagaimana PT Perkebunan Negara VII (Persero) dapat memiliki hubungan yang baik dengan publik eksternalnya. Seperti yang kita ketahui, perusahaan yang dalam operasinya banyak memanfaatkan sumber daya alam rentan akan gesekan dengan publik eksternal. Maka dari itu, tidaklah mudah bagi perusahaan untuk dapat memiliki kerjasama yang baik dengan publik eksternal. Dari fenomena inilah peneliti ingin mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh PTPN VII (Persero) dalam melibatkan masyarakat pada program CSR mereka. Objek dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi yang dilakukan oleh PTPN VII (Persero) dalam melibatkan masyarakat pada program CSR mereka. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dokumen, dan juga rekaman arsip. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik penjodohan pola (pattern matching) dimana data yang diperoleh dikumpulkan, diedit, dan dikategorikan serta dicari kesesuaian polanya yang kemudian dianalisis dengan mengaitkannya ke dalam teori yang ada.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.