Laporkan Masalah

Pengembangan sumber daya Manusia Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

BANGUN, Teger Ivo, Samodra Wibawa

2012 | Skripsi | Manajemen dan Kebijakan Publik (dh. Ilmu Administrasi Negara)

KPw BI Prov. DIY memiliki tugas dalam bidang moneter, perbankan dan sistem pembayaran di wilayah kerja Provinsi DIY sebagai perpanjangan tangan Kantor Pusat BI. Untuk melaksanakan tugas tersebut, KPw BI Prov. DIY harus mengembangkan sumber daya manusia agar kompeten. Penelitian ini membahas tentang pengembangan sumber daya manusia KPw BI Prov. DIY dan kendala yang dihadapi. Penelitian ini mengumpulkan data primer melalui wawancara kepada dua orang pelaksana pengembangan dan penyebaran kuesioner terbuka kepada delapan orang pegawai yang pernah menjadi peserta pengembangan, serta data sekunder berupa Website Bank Indonesia, Daftar Nama Pegawai KPw BI Prov DIY per 16 April 2012, Surat Edaran Intern BI, UU No. 23/1999 tentang Bank Indonesia dan daftar PMK Pegawai KPw BI Prov. DIY Tahun 2011. Informan diperoleh dengan metode purposive sampling. Dari data yang telah dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa KPw BI Prov. DIY memiliki kewenangan melakukan pengembangan sumber daya manusia berdasarkan kebutuhan sendiri di luar program pengembangan yang ditetapkan Kantor Pusat BI. Kompetensi yang dikembangkan adalah perilaku dan teknis. Metode pengembangan sumber daya manusia KPw BI Prov. DIY adalah pelatihan dan belajar mandiri (self learning). Pelatihan yang diikuti pegawai didasarkan pada RPI dan penunjukan dari pimpinan KPw BI Prov. DIY. Kendala yang dihadapi adalah: pertama, keterbatasan kuota peserta terutama dalam pelaksanaan pelatihan berdasarkan inisiatif dan program Kantor Pusat BI yang diatasi dengan melakukan knowledge sharing. Kedua, masalah kesediaan pegawai untuk mengikuti pelatihan yang diatasi dengan melakukan pendekatan kepada pegawai. Ketiga, pelatihan yang dilakukan secara berkelompok yang diatasi dengan melaksanakannya diluar jam kerja. Sedangkan aktifitas belajar mandiri yang dilakukan pegawai KPw BI Prov. DIY adalah membaca berbagai referensi atau ketentuan. Untuk kedepannya, KPw BI Prov. DIY sebaiknya melakukan evaluasi agar diketahui efektif atau tidaknya pengembangan sumber daya manusianya. Kata kunci: Pengembangan sumber daya manusia, pelatihan dan belajar mandiri 8 Daftar Isi Halaman Judul ................................................................................................. i Lembar Pengesahan......................................................................................... ii Lembar Pernyataan ......................................................................................... iii Lembar Persembahan ..................................................................................... iv Kata Pengantar ................................................................................................ v Abtraksi ............................................................................................................ vii Daftar Isi ........................................................................................................... viii Daftar Gambar dan Tabel............................................................................... x BAB I. PENDAHULUAN 1.1. Latar belakang masalah ............................................................................... 1 1.2. Rumusan masalah ....................................................................................... 4 1.3. Tujuan penelitian ........................................................................................ 5 1.4. Manfaat penelitian ...................................................................................... 5 BAB II. LANDASAN TEORI 2.1. Pentingnya sumber daya manusia dalam organisasi ................................... 7 2.2. Manajemen sumber daya manusia .............................................................. 9 2.2.1. Tujuan manajemen sumber daya manusia ......................................... 10 2.2.2. Fungsi manajemen sumber daya manusia .......................................... 12 2.3. Pengembangan sumber daya manusia ........................................................ 14 2.4. Kerangka pikir penelitian ............................................................................ 23 2.5. Definisi konsep dan operasional ................................................................. 24 BAB III. METODE PENELITIAN 3.1. Jenis penelitian ............................................................................................ 26 3.2. Unit analisis ................................................................................................ 27 9 3.3. Teknik pengumpulan data ........................................................................... 27 3.4. Teknik analisis data..................................................................................... 30 BAB IV. DESKRIPSI OBJEK PENELITIAN 4.1. Sejarah singkat Bank Indonesia .................................................................. 33 4.2. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ................................................................................................. 34 4.2.1. Visi dan misi .................................................................................... 35 4.2.2. Struktur organisasi ........................................................................... 35 4.2.3. Karakteristik pegawai ...................................................................... 37 4.2.4. Uraian tugas pokok .......................................................................... 39 BAB V. PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 5.1. Pelatihan ...................................................................................................... 55 5.1.1. Proses pelaksanaan pelatihan ........................................................... 55 5.1.2. Bentuk pelaksanaan pelatihan .......................................................... 64 5.1.3. Mekanisme pelatihan ....................................................................... 65 1. Pendaftaran .................................................................................. 65 2. Persyaratan peserta....................................................................... 65 3. Anggaran ...................................................................................... 66 4. Tata cara penilaian ....................................................................... 67 5.1.4. Tempat penyelenggaraan pelatihan .................................................. 69 5.1.5. Kendala pelaksanaan pelatihan ........................................................ 72 5.2. Belajar mandiri (self learning) .................................................................... 75 5.2.1. Manfaat belajar mandiri ................................................................... 75 5.2.2. Bentuk aktifitas belajar mandiri ....................................................... 75 5.2.3. Bentuk evaluasi belajar mandiri....................................................... 76 BAB VI. KESIMPULAN DAN SARAN 10 6.1. Kesimpulan ................................................................................................ 80 6.2. Saran .......................................................................................................... 82 Daftar Pustaka ................................................................................................. 85 Lampiran 11 Daftar Gambar dan Tabel Daftar Gambar Gambar 2.1. Kerangka pikir penelitian ............................................................. 23 Gambar 4.1. Struktur organisasi KPw BI Prov. DIY........................................ 35 Gambar 5.1. Proses pelaksanaan pelatihan sumber daya manusia KPw BI Prov. DIY berdasarkan inisiatif dan program dari Kantor Pusat Bank Indonesia............................................................................. 57 Gambar 5.2. Proses pelaksanaan pelatihan sumber daya manusia KPw BI Prov. DIY berdasarkan inisiatif dan kebutuhan KPw BI Prov. DIY .............................................................................................. 61 Daftar Tabel Tabel 4.1. Distribusi jumlah pemegang jabatan KPw BI Prov. DIY per 1 April 2012 ...................................................................................... 37 Tabel 4.2. Distribusi Jumlah Pegawai KPw BI Prov. DIY Berdasarkan Golongan Per 1 April 2012 ............................................................ 38 Tabel 5.1. Jenis pengembangan kompetensi perilaku pegawai KPw BI Prov. DIY Tahun 2010 dan 2011 ................................................... 51 Tabel 5.2. Jenis pengembangan kompetensi teknis pegawai KPw BI Prov. DIY Tahun 2011 ............................................................................ 52 Tabel 5.3. Alasan pegawai KPw BI Prov. DIY dalam memilih dan mengikuti pelatihan ........................................................................ 58 Tabel 5.4. Bentuk pelaksanaan pelatihan pegawai KPw BI Prov. DIY .......... 64 Tabel 5.5. Pendapat Pegawai KPw BI Prov. DIY mengenai manfaat pelatihan bagi pelaksanaan tugas berdasarkan pengalaman masing-masing ............................................................................... 69 Tabel 5.6. Tempat Penyelenggaraan Pelatihan Pegawai KPw BI Prov. DIY berdasarkan Kebijakan Kantor Pusat BI ........................................ 70 Tabel 5.7. Tempat Penyelenggaraan Pelatihan Pegawai KPw BI Prov. DIY berdasarkan Kesepakatan dengan Lembaga Trainining ................ 71 Tabel 5.8. Analisis kekuatan, kelemahan, hasil pelatihan dan belajar mandiri pegawai KPw BI Prov. DIY ............................................. 77 12 Tabel 5.9. Analisis kekuatan, kelemahan, hasil pelaksanaan knowledge sharing dan pelatihan berbasis bottom-up pegawai KPw BI Prov. DIY ....................................................................................... 78 13 BAB I PENDAHULUAN 1.1 . Latar belakang masalah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (KPw BI Prov. DIY) merupakan salah satu Kantor Perwakilan Bank Indonesia di daerah. Pada dasarnya, setiap Kantor Perwakilan Bank Indonesia merupakan bentuk perpanjangan tangan Kantor Pusat Bank Indonesia. Sebagai perpanjangan tangan Bank Indonesia, tentu visi dan misi KPw BI Prov. DIY harus sejalan dengan tugas dan tanggung jawab Bank Indonesia sehingga dapat tercapai tujuan Bank Indonesia sesuai dengan Undang-Undang No. 23/1999 tentang Bank Indonesia, Bab III, Pasal 7 yakni mencapai dan memelihara kesetabilan nilai mata uang rupiah. KPw BI Prov. DIY memiliki tugas dalam bidang moneter, perbankan dan sistem pembayaran di wilayah kerja Daerah Istimewa Yogyakarta.1 Tugas-tugas tersebut meliputi aspek-aspek berikut: 1. Pelaksanaan tugas bidang moneter, yakni melakukan kajian ekonomi, moneter dan perbankan regional yang digunakan sebagai masukan kepada pemerintah daerah, masukan kepada Kantor Pusat, masukan kepada pihak yang berkepentingan (stakeholders). Kedua, melaksanakan kebijakan moneter, meliputi pengembangan usaha kecil 1 Bank Indonesia, “Profil Provinsi di Yogyakarta: Demografi, Ekonomi, Wisata dan KBI”, 2008, dalam http://www.bi.go.id/web/id/Publikasi/Data+dan+Informasi+Bisnis/Info+Bisnis+Regional/Publikasi/Profil/Yogyakarta/KBI.htm (Diakses pada tanggal 10 November 2011 pukul 20.38) 14 dan pengelolaan bantuan luar negeri. Ketiga, penyediaan informasi statistik, ekonomi, moneter dan perbankan. 2. Pelaksanaan tugas bidang perbankan, yak

Kata Kunci : Sumber Daya Manusia


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.