Laporkan Masalah

Product Placement Dalam Film Nasional (Analisis Isi terhadap Praktik Product Placement Dalam Film Garuda di Dadaku dan Alangkah Lucunya (Negeri Ini))

ASMOKO, Putri Dhewi, Pulung Setiosuci Perbawani

2012 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Kegiatan komunikasi pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam mengomunikasikan suatu brand atau produk kepada target konsumennya. Ketatnya persaingan usaha, perkembangan teknologi, serta perubahan perilaku konsumen membuat para pelaku dunia pemasaran kini tidak bisa lagi hanya bergantung pada kegiatan komunikasi pemasaran melalui media konvensional, seperti televisi, surat kabar dan radio. Para pemasar kini mau tak mau harus berupaya mengembangkan kegiatan komunikasi pemasaran alternatif yang lebih efektif dan dapat diterima oleh target konsumen. Product placement dalam film adalah salah satu bentuk kegiatan komunikasi pemasaran alternatif yang dewasa ini mulai populer. Praktik ini sudah ada sejak lebih dari satu abad lalu dan terus berkembang sampai saat ini. Praktik product placement mengadopsi teori subliminal message, dimana praktik ini bekerja dengan memanfaatkan ambang batas kesadaran audiens ketika sedang menonton sebuah film. Praktik product placement dinilai lebih efektif bila dibandingkan dengan kegiatan komunikasi pemasaran melalui iklan di media konvensional. Penelitian ini berupaya mengetahui kegiatan komunikasi pemasaran melalui praktik product placement dalam film Garuda di Dadaku dan Alangkah Lucunya (Negeri Ini) serta menjelaskan bentuk-bentuk product placement yang terdapat dalam kedua film tersebut. Sementara itu metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi dengan alat pengumpulan data berupa coding sheet. Selanjutnya digunakan analisis kuantitatif deskriptif dengan melibatkan analisis statistik yakni distribusi frekuensi untuk menarik kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 183 total adegan dalam film Garuda di Dadaku, 12 adegan atau 6,5% diantaranya mengandung praktik product placement dengan total durasi selama 6 menit 18 detik. Selanjutnya pada film Alangkah Lucunya (Negeri Ini), praktik product placement muncul dalam 18 adegan atau sebanyak 11,8% dari total keseluruhan adegan film. Praktik product placement dalam film ini tampil selama 9 menit 16 detik. Sementara itu berdasarkan analisis kuantitatif, bentuk product placement yang paling banyak digunakan dalam film Garuda di Dadaku dan Alangkah Lucunya (Negeri Ini) adalah screen placement atau penempatan produk dalam dimensi visual. Kata Kunci: komunikasi pemasaran, product placement, subliminal message analisis isi.

Kata Kunci : Film


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.