Laporkan Masalah

Strategi Komunikasi Pemasaran Adventure And Spirit Sebagai Penyedia Jasa Wisata Minat Khussus Canyoning (Analisis Deskriptif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran PT Adventure and Spirit dalam Meng

WISANG N., Bagas , Widodo Agus Setianto

2012 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Diketahui atau dikenal oleh pasar merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah produk dan untuk itu dibutuhkan program komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien. Untuk membuat program komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien dibutuhkan sebuah Strategi Komunikasi Pemasaran yang tepat yang sesuai dengan kondisi internal perusahaan dan kondisi pasar. Perkembangan industri pariwisata yang pesat menyebabkan semakin ketatnya persaingan dan memicu lahirnya banyak jenis wisata baru, untuk itu dibutuhkan pula Strategi Komunikasi Pemasaran yang fleksibel sehingga mampu mengikuti perkembangan dan perubahan pasar industri pariwisata yang sangat fluktuatif. PT Spirit and Adventure sebagai pengelola wisata minat khusus Canyoning menyadari komunikasi pemasaran merupakan permasalah penting yang harus ditangani dengan baik. Sebagai jenis wisata baru yang tersegmentasi perusahaan ini memiliki segmentasi yang belum ditarget oleh produk lain namun segmen pasar tersebut sangat sempit sehingga mereka memiliki tantangan untuk memperluas target pasar produk mereka tanpa menghilangkan kekhususan produknya. Dengan menggunakan metode studi kasus deskriptif, penulis mencoba mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi dan tiap-tiap program sebagai implementasi dari strategi komunikasi pemasaran yang telah ditetapkan sebelumnya pada periode Mei 2011 sampai bulan Oktober tahun 2011. Hasil dari analisis menunjukan bahwa industri pariwisata membutuhkan strategi yang berbeda dalam mempromosikan produknya karena karakter produknya yang intangible dan target pasarnya utamanya adalah wisatawan bukan masyarakat umum kebanyakan. Strategi komunikasi pemasaran yang ditetapkan dan diimplementasikan ke dalam program-program komunikasi pemasaran telah membangun brand identity dan meningkatkan brand awareness serta mampu memperluas pangsa pasar produk wisata minat khusus ini. Hal ini dapat dilihat dari makin meningkatnya jumlah wisatawan yang menggunakan jasa layanan PT A dventure and Spirit sehingga meningkatkan jumlah pendapatan perusahaan.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.