Laporkan Masalah

Strategi Komunikasi Pemasaran Perguruan Tinggi dalam membentuk Brand Image World Class University

Nuri Fitriyani F., Muhammad Sulhan

2011 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Strategi pemasaran perguruan tinggi swasta selalu menjadi fenomena yang menarik. Dikarenakan hal ini berada di antara dua paradigma yaitu social obligation atau profit orientation. Sebuah lembaga pendidikan seharusnya berada pada jalur tanggung jawab kepada masyarakat, namun sebagai sebuah perusahaan perguruan tinggi swasta memiliki kebutuhan untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. Bagaimana kedua paradigma tersebut dapat berjalan bersamaan adalah sebuah perdebatan dimana setiap perusahaan akan lebih condong memenuhi kebutuhan organisasinya dibanding yang lain. Kompetisi yang berlaku di pasaran saat ini membawa hampir seluruh perguruan tinggi untuk meningkatkan popularitas dan citranya di masyarakat. Disinilah kemudian, sebuah brand image berlomba-lomba ditampilkan melalui media-media seperti periklanan, internet, atau kemasan lainnya dengan tujuan yang sama, menjadi perguruan tinggi yang terbaik. STMIK AMIKOM Yogyakarta yang populer dengan slogan “Tempat Kuliah Orang Berdasi”, telah dan sedang melakukan serangkaian strategi pemasaran dengan menampilkan dirinya dalam image sebuah perguruan tinggi kelas dunia. Tentu saja hal ini menjadi salah satu fenomena menarik sebagai objek kajian teori komunikasi pemasaran, dimana peneliti dapat menemukan implementasi saluran komunikasi pemasaran di dalam kegiatan yang bertujuan membangun brand image organisasi ini sebagai PTS Kelas Dunia. Hal ini bersinggungan juga dengan konsep World Class University dimana tidak ada indikator yang pasti di dalamnya. Namun pembentukan citra sebagai World Class University ini menjadi strategi pemasaran citra yang bagus dimana banyak masyarakat Indonesia yang lebih bangga dengan produk yang “berlabel” luar negeri. Keyword : Brand Image, Komunikasi Pemasaran, World Class University, Perguruan Tinggi Swasta.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.