Laporkan Masalah

Manajemen Perusahaan Musik Rekaman (Strategi Manajemen Media PT Universal Music Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Pasar)

Yurisna Handini, Wisnu Martha Adiputra

2011 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Kata kunci : manajemen media, perusahaan rekaman, persaingan pasar, Universal Music Indonesia, strategi, studi kasus. Persaingan pasar di dunia industri musik Indonesia semakin ketat. Oleh karenanya diperlukan kesiapan bagi para pelaku industri musik untuk menyiapkan strategi manajemen media yang terbaik untuk menghadapinya. Untuk menyiapkan strategi tersebut diperlukan dua hal yaitu membuat tujuan jangka panjang dari perusahaan dan merencanakan cara-cara terbaik yang harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kegiatan dan strategi manajemen media yang dilakukan PT Universal Music Indonesia. Sehingga dapat diketahui bagaimana strategi manajemen media yang dilakukan dalam menghadapi persaingan pasar industri musik Indonesia. Objek penelitian ini adalah aktivitas manajemen PT Universal Music Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif. Sehingga dengan metode tersebut dapat memberikan gambaran secara mendetail tentang latar belakang, sifat-sifat serta karakter-karakter yang khas dari kasus tersebut. Hal tersebut diperoleh dari hasil wawancara terhadap pihak-pihak yang berkompeten di bidangnya dan melakukan observasi terhadap data-data yang telah didapatkan serta studi kepustakaan. Walaupun termasuk salah satu perusahaan yang unggul, UMI belum melakukan upaya-upaya terbaiknya untuk dapat menjadi yang terbaik dalam kompetisi pasar di dunia industri rekaman Indonesia. UMI memiliki tujuan jangka panjang menjadi perusahaan yang memperoleh market share terbesar. Namun upaya-upaya yang dilakukan UMI belum bisa dikategorikan sebagai sebuah strategi persaingan pasar karena hal-hal tersebut masih umum dilakukan oleh perusahaan-perusahaan pesaing lainnya dan tidak ada keunikan yang menunjukkan ciri khas perusahaan. Dan cara-cara yang dilakukan saat ini belum dapat membawa UMI dalam posisi terbaiknya.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.