Laporkan Masalah

Peran Public Relations Pada Unit Corporate Communication PT. Garuda Indonesia (Persero) (Studi Kasus Upaya Peningkatan Citra Garuda Indonesia Melalui Layanan Garuda IndonesiaA Experience)

Putri Sekar Arum, Muhammad Shulhan

2011 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Perusahaan dan publiknya seringkali berdiri pada posisi yang berlawanan. Hal ini disebabkan apa yang menjadi kepentingan perusahaan seringkali tidak mempertimbangkan kepentingan dari publiknya. Maka dari itu, suatu perusahaan perlu menjembatani apa yang menjadi kepentingan publik dalam perusahaan serta membangun citra yang baik di mata publiknya sehingga publik akan mendukung apapun aksi perusahaan. Di sinilah peran public relations hadir, yakni ketika perusahaan memerlukan jembatan yang menjadi penghubung antara dirinya dengan publik. Public relations merupakan fungsi strategis dalam perusahaan yang dapat membantu perusahaan meraih tujuannya melalui serangkaian bentuk komunikasi dan manajemen yang efektif. Dengan menggunakan berbagai prinsip dan strategi public relations, suatu perusahaan akan mampu memberikan informasi yang tepat bagi publik serta menjalin hubungan yang harmonis dengan mereka sehingga dapat membentuk citra sesuai yang diharapkan perusahaan. Ketika citra yang baik telah terbentuk, tidak dapat dielakkan bahwa upaya peningkatan citra harus terus dilakukan demi mempertahankan posisi perusahaan. Berada satu tingkat lebih tinggi dari pembentukan citra, upaya peningkatan citra yang juga menjadi ranah tanggung jawab public relations ini merupakan upaya yang tidak kalah susahnya untuk dilaksanakan. Salah satu contoh perusahaan yang kini sedang melakukan upaya peningkatan citranya adalah Garuda Indonesia. Melalui layanan barunya Garuda Indonesia Experience, Garuda Indonesia ingin lebih meningkatkan citranya menjadi maskapai yang tidak hanya premium di ranah penerbangan domestik tetapi juga internasional sehingga mampu disejajarkan dengan maskapai berbintang lima lainnya. Selain masih jarang ditemukan kasusnya di Indonesia, suatu upaya peningkatan citra yang dilakukan perusahaan merupakan suatu cara agar peran public relations dapat dibuktikan bukan hanya pada level teknis, namun juga pada level manajerial. Penelitian ini mencoba melihat melalui kacamata studi kasus deskriptif mengenai bagaimana peran public relations dalam upaya peningkatan citra Garuda Indonesia melalui layanan Garuda Indonesia Experience.

Kata Kunci : Public Relations


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.