Laporkan Masalah

Manajemen Kampanye Kehumasan Pada Perusahaan Penerbangan (studi kasus manajemen kampanye kehumasan PT. Garuda Indonesia dalam mengkampanyekan keselamatan penerbangan penumpangnya)

I Desak Nyoman Adek Iin Ameltra, I Gusti Ngurah Putra

2011 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Dalam mengkomunikasikan service quality yang dimiliki perusahaan, dibutuhkan strategi yang tepat sehingga pesan tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Dengan demikian, diharapkan tercipta sebuah pendapat yang positif dari masyarakat terhadap perusahaan serta terjalinnya hubungan yang saling menguntungkan bagi keduanya. Di sinilah peran public relations dibutuhkan. Penelitian ini mencoba membahas proses seuah kampanye kehumasan dengan menggunakan studi kasus. Kasus yang diambi adalah proses manajemen kampanye kehumasan PT. Garuda Indonesia dalam mengkampanyekan keselamatan penerbangan penumpangnya. Kegiatan kehumasan merupakan kegiatan komunikasi antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya. Dengan adanya kegiatan ini, maka diharapkan akan tercipta hubungan yang harmonis dan menghindari terjadinya konflik di antara keduanya. Konflik antara organisasi atau perusahaan dengan publik bisa terjadi jika sebuah kebijaksanaan yang diterapkan organisasi tersebut tidak sesuai atau bahkan merugikan publik. Oleh karena itu diperlukan sebuah manajemen strategi dalam mengkomunikasikan segala kebijaksanaan perusahaan yang menyangkut publiknya. Kegiatan komunikasi ini hendaknya dikelola dengan manajemen yang baik agar dapat diketahui seberapa efektif kegiatan tersebut bagi organisasi atau perusahaan terkait. Terdapat beberapa model proses manajemen humas yang dikemukakan oleh beberapa ahli kehumasan. Pada penelitian ini, kerangka konsep yang digunakan adalah proses perencanaan strategis public relations yang dikemukakan oleh Cutlip dkk. Proses ini terdiri dari empat tahapan, yaitu penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kata kunci: public relations, manajemen, kampanye kehumasan, PT. Garuda Indonesia, keselamatan penerbangan.

Kata Kunci : Strategi Kampanye


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.