Laporkan Masalah

MANAJEMEN PEMROGRAMAN TAYANGAN ANAK:    STUDI KASUS PROGRAM LAPTOP SI UNYIL DI TRANS 7 BULAN JANUARI 2010 

Gleni Herlianingrum, Wisnu Martha Adipura

2010 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Terjadinya deregulasi dalam berbagai hal yang terjadi setelah keruntuhan Orde Baru membawa banyak perubahan, khususnya dalam hal bermedia. Dibubarkannya Departemen Penerangan memberikan dampak sulitnya akses pemerintah untuk mengintervensi isi media. Selain itu, penghapusan SIUPP memberikan kemudahan untuk mendirikan organisasi media. Polemik baru yang muncul kemudian, yaitu mengenai persaingan antar media. Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan media massa di Indonesia menyebabkan mereka bersaing untuk mendapatkan khalayak yang sebsar‐besarnya sehingga berdampak pada banyaknya iklan yang masuk. Demikian halnya yang terjadi pada televisi. Program‐program di televisi dituntut harus disukai banyak audiens. Hal ini menyebabkan keseragaman program dalam televisi Indonesia.     Trans 7 merupakan stasiun televisi yang lahir setelah tahun 2001, dengan nama awal TV 7. Mereka tidak mengalami banyak intervensi pemberitaan oleh pemerintah seperti yang terjadi pada stasiun televisi yang lahir seblumnya. Namun, TV 7 tidak bisa menghindar dan harus menghadapi era persaingan antar media yang terjadi. Hingga akhirnya, TV 7 yang dimiliki oleh Kelompok Kompas Gramedia harus melakukan akuisisi dengan Trans TV, dan menjadi  Trans 7, untuk mempertahankan eksistensi mereka di tengah persaingan antar stasiun televisi. Setelah bergabungnya kedua stasiun televisi tersebut, kualitas kedua stasiun mengalami peningkatan, keduanya sama‐sama terdongkrak dari segi rating dan share. Trans 7 juga mengalami peningkatan dalam hal teknis‐teknis produksi.    Sejak awal, saat masih TV 7, mereka menempatkan diri sebagai televisi yang mengusung misi pendidikan dan memberi informasi pada audiens‐nya. Hal ini terlihat dari program‐programnya. Komposisi program Trans 7 terdiri dari program musik, berita,   reality show, olahraga, variety show, komedi, agama, dokumenter, infotainment, serial dan program anak. Satu jenis program yang tak dapat dijumpai di stasiun televisi lain adalah program anak yang bersifat edutainment. Bahkan, presentasi program anak ini paling besar di antara program‐program yang lain, yaitu sebesar 18%. Trans 7 merupakan pionir bagi program anak berjenis edutainment. Dimulai dari Si Bolang, kemudian Laptop Si Unyil, Koki Cilik, dan diikuti program‐program yang lain. Siang hari pada pukul 12.30 hingga 16.00 anak‐anak disuguhi dengan berbagai jenis program anak. Karena hal inilah Trans 7 menjadi unik, berbeda dengan stasiun televisi lain. Di satu sisi, Trans 7 berani menampilkan program yang berbeda, meskipun ada resiko untuk tidak mendapatkan audiens, karena program yang ditayangkan bukan merupakan program populer. Tapi melalui perencanaan yang matang dan keseluruhan fungsi manajeman yang berjalan dinamis, mereka mampu membuat program yang disukai.    Program Laptop Si Unyil ditayangkan oleh Trans 7 sejak tahun 2007. Program ini berjenis edutainment, dengan konsep memberikan informasi, hiburan dan pendidikan bagi anak‐anak, yang disampaikan oleh tokoh boneka Si Unyil dan temannya dari negeri boneka.  Program Laptop Si Unyil terus dipertahankan hingga kini, karena dianggap menjadi program anak yang paling sukses dari segi rating dan share. Keadaan ini ditunjang dengan manajemen yang diterapkan dalam pemrograman Laptop Si Unyil. Manajemen dalam organisasi media akan menyusun faktor‐faktor yang menentukan keberhasilannya. Manajemen yang baik selalu mengkaji lingkungan strategis yang meliputi kondisi, situasi, keadaan, peristiwa atau pengaruh yang berasal dari luar ataupun dari dalam. Dalam pelaksanaannya, manajemen menjalankan fungsi‐fungsi: planning, organizing, actuating, dan controlling.   Dalam penelitian ini penulis berusaha untuk memetakan penerapan manajemen media dalam scope program, yaitu pemrograman Laptop Si Unyil di Trans 7 pada bulan Januari 2010. Sesuai dengan metode studi kasus yang digunakan, maka penulis akan berusaha menjawab pertanyaan how dan why mengenai manajemen pemrograman Laptop Si Unyil. Dalam hal ini berarti penulis memaparkan mengenai bagaimana manajemen pemrograman tersebut dilakukan, serta alasan dilakukannya hal itu. Pemetaan manajemen tersebut diteruskan dengan analisisnya, yang mencoba melihat manajemen yang dilakukan sebagai refleksi dari kebijakan pemrograman secara keseluruhan. Manajemen pemrograman di sini dilihat dari penerapan empat fungsi manajemen pemrograman, serta kelebihan dan kekurangan  dalam manajemen pemrograman Laptop Si Unyil.     Fungsi‐fungsi manajemen yang diterapkan dalam pemrograman Laptop Si Unyil berjalan dengan dinamis. Fungsi planning berkaitan dengan perencanaan program, tujuan program, landasan pembuatan program, dan visi misi yang ingin dicapai melalui program. Perencanaan menjadi hal paling penting yang dilakukan di awal kegiatan manajemen. Program Laptop Si Unyil ini memiliki tujuan secara umum untuk memberikan pendidikan, informasi sekaligus hiburan kepada anak‐anak. Perencanaan program dilakukan dengan matang mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang ada. Perencanaan program Laptop Si Unyil dilakukan dengan melihat sejarahnya di masa lalu, dan pertimbangan tentang perkembangan program acara yang terjadi di televisi. Perencanaan merumuskan kelebihan dan kelemahan‐kelemahan program. Perencanaan juga dilakukan beriringan dengan pengorganisasian atau pembentukan pola hubungan kerja. Hal ini terbukti dari bagaimana perencanaan tersebut dilakukan oleh Executive Producer sebagai pengagas program dan dibantu olh seorang produser. Tahapan untuk mengajukan rencana tersebut pun terorganisasi dengan rapi. Dari Departemen menuju tingkat Divisi, selanjutnya baru ke Dewan Pimpinan, untuk kemudian akhirnya rencana diterima. Terdapat struktur hubungan kerja dalam proses tersebut. Terdapat prosedur yang harus dilaksanakan dalam kegiatan perencanaan.    Dalam perencanaan program ini tim program melaksanakan lima elemen dalam pemrograman, yaitu:   1. Conservation of program resources. Tim Produksi terus mengembangkan kreativitas mereka untuk memberikan tayangan yang tidak membosankan, dengan melakukan berbagai perubahan.    2. Control of audiens flow. Penjadwalan tayang Laptop Si Unyil  yaitu pada siang hari, pukul 13.00. Disini mereka menciptakan audiens flow, karena Laptop Si Unyil menerima aliran penonton dari Bolang yang ditayangkan sebelumnya.     3. Habit formation. Di sini tim program membentuk habit penonton dengan menayangkan program setiap hari. Dengan cara ini, maka penonton akan terbiasa untuk menonton program Laptop Si Unyil setiap pukul 13.00.     4. Compatibility. Penayangan program pada siang hari sesuai dengan jam dimana anak telah pulang sekolah dan tidak melakukan apapun, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menonton televisi  5. Breadth of appeal. Melalui penayangan program dengan tokoh SI Unyil sendiri sudah merupakan appeal tersendiri bagi berbagai pihak, terutama orang tua yang merasa telah mengenal Unyil. Selain itu, melalui tema‐tema yang diangkat, program ini juga mampu menarik berbagai kalangan penonton.      Perencanaan program tak dapat dilakukan sendiri. Disini terjadi proses organizing. Tim program selalu berhubungan dengan pihak luar, misal berkonsultasi dengan si pembuat tokoh boneka, Pak Soeyadi, dan PPFN sebagai pemilik hak cipta. Melalui konsultasi dan pembicaraan yang dilakukan akan diketahui kelemahan program yang telah ditayangkan sebelumnya, sehingga tidak akan terjadi lagi di program yang akan dibuat. Perencanaan juga dilakukan dengan bekerja sama dengan lembaga survey AGB NIelsen, untuk mengetahui perkembangan kompetisi yang terjadi pada jam tersebut.    Koordinasi dan pembentukan hubungan kerja terus menerus dilakukan dalamm proses perencanaan. Demikian pula dengan saat pelaksanaan atau pembuatan program yang dilakukan oleh tim redaksi, terjadi koordinasi dan pengontrolan oleh Produser, dan narasumber. Melalui koordinasi tersebut dilakukan evaluasi oleh produser, sehingga liputan yang dilakukan tetap pada perencanaan yang telah ditetapkan di awal. Evaluasi  nantinya akan menjadi pedoman apa yang harus dilakukan ke depannya, menjadi pedoman dari perencanaan selanjutnya.    Kerja sama yang dilakukan dengan pihak luar murni kerja sama bisnis, dilakukan hanya terbatas pada saat liputan saja. Keuntungan yang didapat oleh narasumber pun hanya dengan sekilas diperlihatkan tempat usahanya. Sedangkan nama tempat dan informasi tentang tempat tidak diberikan, karena harus melalui prosedur blocking untuk itu. Dalam hal ini, informasi yang diterima oleh audiens pun hanya terbatas.   Diatas segalanya, dalam tahap controlling atau evaluasi, yang paling diutamakan adalah perolehan rating dan sharing  dalam satu bulan penayangan, yang kurang objektif untuk merepresentasikan keseluruhan audiens. Namun, karena yang dijual pada pengiklan adalah rating dan share, maka tim produksi pun hanya berpedoman pada itu. Yang menjadi tolok ukur kesuksesan program adalah besarnya presentase sharing. Program yang memiliki sharing lebih dari 12%, diberikan bonus mingguan oleh Divisi Finance, karena itu berarti mendapatkan banyak pengiklan. Di satu sisi, hal ini baik untuk mendorong tim produser bekerja lebih keras untuk memproduksi program. Namun, di sisi lain, motivasi tim untuk membuat program tak lain hanya untuk mendapatkan keuntungan, dan kurang memperhatikan isi tayangan. Yang menjadi tolok ukur kesuksesan program adalah besarnya presentase sharing. Asal sharing sudah baik, maka program dianggap berhasil. RCD tidak melakukan riset terhadap audiens. Karena waktu yang tidak memungkinkan. Padahal, apabila dilakukan riset langsung terhadap audiens, pastinya akan mendapat masukan‐masukan yang akan berguna bagi perkembangan program ke depannya.    Jadi, tak hanya misi pendidikan dan memberikan informasi yang dilakukan melalui manajemen dalam pemrograman Laptop Si Unyil. Di balik itu, manajemen dilakukan juga memiliki tujuan lain bagi institusi. Trans 7 melihat program sebagai produk industri yang pasarnya berupa audiens dan pengiklan. Bahkan program‐program yang keluar dari mainstream tersebut justru menjadi kelebihan tersendiri bagi Trans 7 untuk mendapatkan pengiklan. Hal ini terbukti dari berbagai hal yang terjadi dalam proses manajerialnya. Dalam perencanaan, si pengagas program sudah melihat bahwa program anak dapat  menguntungkan, karena anak merupakan pasar yang potensial. Program anak dapat membuat pengiklan tertarik untuk mengiklankan produk‐produk untuk anak di program tersebut. Untuk itu, tujuan lebih lanjut dari program ini, yaitu untuk meraih keuntungan dari iklan produk anak yang akan ditayangkan pada jam Laptop Si Unyil ditayangkan.    Dari penjabaran di atas, dapat dikatakan bahwa faktor‐faktor yang berpengaruh terhadap manajemen pemrograman Laptop Si Unyil, adalah:    (1) Pengiklan, manajemen dilakukan sebaik mungkin untuk membuat pengiklan tetap mengiklankan produk pada jam tayang program, dan menambah jumlah pengiklan.   (2) Audiens, yang dimaksud di sini, adalah audiens yang dapat diukur melalui rating dan share, terutama per menitnya, untuk mengetahui bagian‐bagian yang mereka sukai.   (3) Pemilik. Manajemen pemrograman tentunya harus selaras dan sejalan dengan Dewan Pimpinan, dimana pemilik termasuk di dalamnya. yang memegang keputusan tertinggi dalam institusi media Trans 7 adalah Dewan Pimpinan.   (4) Kompetitor. Manajemen harus selalu mempertimbangkan kompetitor program, terutama program yang sejenis, dan program yang jam tayangnya sama. Dengan memperhatikan kompetitor akan diketahui kelemahan mereka.     (5) Kondisi sosial budaya. Kondisi ini misalnya saat Ramadhan, akan berpengaruh terhadap konten yang disajikan oleh program Laptop Si Unyil. Bahkan, format acaranya pun berbeda dengan hari‐hari biasa. Kondisi sosial budaya terus dipantau agar perencanaan yang dilakukan dapat sesuai dengan kondisi tersebut.   Secara singkat, berikut penulis sampaikan kelebihan dan kekurangan yang dilakukan dalam manajemen pemrograman Laptop Si Unyil.    1. Kelebihan:   a. Perencanaan dilakukan dengan pemikiran dan pertimbangan yang cermat, tidak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya, sehingga menghasilkan sebuah program yang kuat dan mampu menyerap penonton.   b. Keempat proses manajemen dilakukan secara dinamis dan berkesinambungan, sehingga perkembangan program akan terus dapat terkontrol.   c. Manajemen sangat memperhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor, dan tidak berusaha untuk membuat program yang sama dengan kompetitor, melainkan mencari celah penonton yang belum tergarap, sehingga program dapat menyerap penonton tersebut.     d. Tim produksi selalu dituntut untuk mengembangkan kreativitas mereka sehingga  program yang dihasilkan tidak monoton. Misalnya dengan mengajukan tema‐tema yang unik dan baru, namun jarang diliput.   

Kata Kunci : Televisi; Produksi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.