Laporkan Masalah

Kampanye sosial Anti Narkoba (Studi Kasus Kampanye Sosial Anti Narkoba Oleh Badan Narkotika Provinsi DIY)

Andi Sulistyo, Budi Sayoga

2011 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Diperlukan suatu sinergi yang baik dan komunikasi yang efektif dalam menciptakan program- program Kampanye Sosial Anti Narkoba dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba di masyarakat. Badan Narkotika Propinsi DIY menyadari bahwa sebagai organisasi yang bertugas mengkoordinasikan perangkat daerah dan instansi pemerintah di provinsi dalam penyiapan dan penyusunan kebijakan pelaksanaan operasional dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) tidak hanya dilihat dari banyaknya program- program yang telah dilakukan, namum bagaimana kualitas program tersebut sesuai dan efektif tidaknya juga menjadi perhatian Badan Narkotika Provinsi DIY kepada masyarakat. Pertumbuhan dan perkembangan teknologi serta semakin “bebas” pergaulan remaja masa kini, mau tidak mau membuat BNP DIY peka terhadap situasi di masyarakat dan menyiapkan program yang lebih inovatif dan kreatif. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1. Pengembangan kampanye sosial anti narkoba yang dilakukan Badan Narkotika Provinsi DIY sudah berhasil dalam mencegah dan mengurangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di masyarakat. 2. Beberapa kegiatan yang dijalankan oleh badan narkotika Provinsi DIY dilakukan secara lintas sektoral dan koordinatif antara BNP DIY, Dinas/ Instansi terkait dan Badan Narkotika Kabupaten/ Kota dengan dilaksanakan dengan berbagai acara kegiatan yang melibatkan langsung kelompok- kelompok masyarakat, lembaga/ organisasi serta budaya. 3. Kampanye sosial yang di lakukan BNP DIY membutuhkan elemen komunikasi pemasaran yang lain sebagai media publikasi dan pelengkap dari aktifitasnya. 4. Bentuk pesan yang dilakukan dalam konteks komunikasi visual masih terlihat cenderung bersifat paritas, membosankan dan tidak mampu mengedukasi sasaran karena cenderung menyajikan fragmen pengguna narkoba lengkap dengan asesorisnya seperti jarum suntik, bong penghisap, lintingan rokok, daun ganja, kuburan dan tengkorak, sehingga sangat di perlukan hal-hal yang kreatif dan inovativ dalm menyusun program komunikasi visualnya.

Kata Kunci : Narkoba


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.