Laporkan Masalah

DINAMIKA PERDAGANGAN KERAJINAN TRADISIONAL BATIK DAN PERAK DI YOGYAKARTA (Studi kasus pada Toko Tjokrosuharto)

ANDRY INDRAWAN, Derajad S.Widyharto

2010 | Skripsi | Sosiologi

Tjokrosuharto Arts and Craft merupakan nama lengkap dari sebuah perusahaan keluarga yang cukup sukses di bidangnya. Toko ini berdiri sejak tahun 1930. Toko Tjokrosuharto menyediakan bermacam-macam kerajinan tradisional atau souvenir eksklusif khas budaya Jawa. Sebagai usaha yang menjual kerajinan tradisional di Yogyakarta, toko Tjokrosuharto bukan satu-satunya usaha yang bergerak di bidang ini, masih banyak terdapat usaha atau toko-toko kerajinan tradisional lain di Yogyakarta ini yang mampu menarik perhatian konsumen. Bertahannya toko Tjokrosuharto selama tiga generasi memperlihatkan keberhasilan strategi perdagangan yang di gunakan toko tersebut dalam menjalankan usahanya. Dimana selama kurun waktu tiga generasi tersebut terdapat dinamika perdagangan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika perdagangan toko Tjokrosuhato selama tiga generasi, dan mengetahui bagaimana strategi perdagangan yang dijalankan toko Tjokrosuharto sehingga dapat bertahan selama tiga generasi, serta keputusan perubahan bisnis yang melatarbelakangi pemakaian online store di toko Tjokrosuharto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah jajaran manajemen yang mengelola toko Tjokrosuharto serta pihak yang mengetahui perjalanan toko ini selama tiga generasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis sepanjang proses penelitian berlangsung dengan menelaah seluruh data yang terkumpul, lalu melakukan penyajian data dan pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan sebagai jawaban atas pertanyaan penelitian. Dari penelitian di lapangan dapat dilihat bahwa terdapat masa pasang surut jalannya usaha Tjokrosuharto selama tiga generasi. Dimana pasang surut jalannya usaha ini terjadi seiring dengan tumbuhnya toko-toko yang sejenis dengan Tjokrosuharto. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Tjokrosuharto mengalami dinamika karena tuntutan akan persaingan ketat yang diakibatkan tumbuhnya kompetitor-kompetitor sejenis, yang pada awal jalannya usaha persaingan ketat tersebut belum terlihat. Secara umum dinamika perdagangan di Tjokrosuharto ini di tentukan oleh rational choice karena terdapat alternatif terkait tujuannya bertahan dalam ketatnya persaingan bisnis kerajinan tradisional dan jaringan hubungan sosial yang terlekat dalam tindakan ekonomi toko Tjokrosuhato. Seperti penggunaan online shop dalam perdagangannya dewasa ini. Online shop hadir di Tjokrosuharto bukan karena latah dalam artian mengikuti trend yang berkembang belaka, melainkan memang karena tuntutan kompetisi di era modern dimana pengambilan keputusannya dipengaruhi oleh keterlekatan antara aspek sosial seperti budaya internet yang hadir di masyarakat dipadukan dengan kebutuhan ekonomi Tjokrosuharto, serta rasionalitas karena pemakaiannya menunjukkan preferensi terkait alternatif yang ada dalam memajukan toko dewasa ini. Selain pergeseran masih terdapat hal lain yang tidak berubah dari perjalanan Tjokrosuharto ini selama tiga generasi, yaitu loyalitas atau komitmen pegawainya dimana hal tersebut terjadi karena jaminan atau perlindunan yang di berikan Tjokrosuharto selaku patron terhadap client-nya.

Kata Kunci : Industri Kecil-Kerajinan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.