Laporkan Masalah

“EFEKTIVITAS PELAYANAN SIM CORNER AMBARUKMO PLAZA

NOOR AFIFAH, Agus Heruanto Hadna

2010 | Skripsi | Manajemen dan Kebijakan Publik (dh. Ilmu Administrasi Negara)

Keterbukaan dan sikap responsif pemerintah terhadap sejumlah tuntutan dari masyarakat menjadi salah satu prioritas yang harus dipenuhi sebagai bagian untuk mewujudkan pemerintahan yang baik. Polri sebagai salah satu organisasi pemerintah saat ini sudah mulai berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dengan berbagai program pelayanan yang mendekatkan diri kepada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan citra baik kepolisian sebagai birokrasi pemerintah sebagai pelayan masyarakat. Salah satu inovasi pelayanan yang dilakukan kepolisian adalah pelayanan penerbitan SIM yang dilakukan di SIM Corner yang letaknya berada di pusat perbelanjaan. Lahirnya pelayanan SIM Corner memberikan gambaran bahwa Polri telah melakukan terobosan inovatif yang diharapakan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia pelayanan publik di Indonesia. Pelayanan ini diterapkan berdasarkan pada keluhan masyarakat mengenai birokrasi penerbitan SIM yang berbelit- belit sehingga kebijakan yang dijalankan dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pelayanan yang dilakukan di SIM Corner dapat dikategorikan pelayanan baru yang dilakukan oleh Dit Lantas sehingga kinerja aparat untuk menghasilkan pelayanan yang berkualitas sangat diperlukan untuk memperbaiki image pelayanan Polri selama ini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan SIM Corner, mekanisme pelayanan dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Sebagai landasan teori, indikator yang digunakan untuk membahas sejauhmana efektivitas pelayanan SIM Corner adalah kepastian hukum bagi pengemudi, kemudahan pelayanan dan kecepatan pelayanan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses pelayanan adalah sumber daya, sistem dan prosedur pelayanan dan pengelolaan anggaran. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan data lapangan, jika ditinjau dari indikator kepastian hukum dan kecepatan pelayanan menunjukkan tingkat efektivitas tinggi. Dikarenakan terbukti proses yang dilaksanakan dalam penerbitan SIM relatif cepat dan out put yang dihasilkan memberikan jaminan kepastian hukum bagi masyarakat. Sedangkan apabila ditinjau dari indikator kemudahan pelayanan maka efektivitas pelayanan belum maksimal karena masyrakat masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelayanan di SIM Corner. Berdasarkan review literatur dan penelitian yang dilakukan, diketahui terdapat 3 faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan SIM Corner Ambarukmo Plaza yaitu sumber daya, sistem dan prosedur pelayanan dan pengelolaan anggaran. Dalam operasionalisasinya faktor sumber daya merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi efektivitas pelayanan SIM Corner. Walaupun masih terdapat sedikit kelemahan dalam pelaksanaan dilapangan. Efektivitas pelayanan dapat tercapai dengan baik karena ditunjang sumber daya yang memadai sehingga sistem dan prosedur dapat dijalankan dengan baik. Sedangkan pengelolaan anggaran pada kenyataannya mempengaruhi kecepatan dan kemudahan pelayanan dalam proses pelayanan. Selama penelitian berlangsung, peneliti menemukan sejumlah penyimpangan yang menunjukkan masih rendahnya kepatuhan aparat terhadap prosedur dalam memberikan pelayanan. Hal inilah yang menyebabkan pelayanan SIM Corner belum dapat terlaksana sesuai rencana atau ketentuan yang telah ditetapkan.

Kata Kunci : Pelayanan Umum; SIM


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.