Laporkan Masalah

Pengaruh Tingkat Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Peer Group Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi tentang Prestasi Belajar Siswa SMPN 5 Depok Yogyakarta)

Umi Syahidah, Derajat S. Widhiharto

2010 | Skripsi | Sosiologi

Pembangunan yang tidak merata di Indonesia membawa konsekuensi terhadap kesenjangan sosial yang semakin kontras antara si kaya dan si miskin. Kesenjangan sosial yang merupakan anak tiri ketidakmerataan pembangunan secara tidak langsung berdampak pada dunia pendidikan, dengan kata lain dunia pendidikan di Indonesia sangat dipengaruhi oleh latar belakang status sosial ekonomi peserta didik. Asumsi awal penelitian ini adalah bahwa masyarakat dengan status sosial ekonomi kuat memiliki kultur belajar yang mendukung prestasi dibandingkan masyarakat dengan ekonomi lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang status sosial ekonomi dan peer group siswa terhadap prestasi belajar siswa. Latar belakang status sosial ekonomi adalah keadaan sosial ekonomi keluarga siswa yang diukur dari fasilitas belajar dari orang tua. Subyek penelitian ini adalah 109 siswa kelas VIII SMPN 5 Depok Sleman Provinsi Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara tingkat status sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan korelasi yang sangat signifikan antara fasilitas dari orang tua terhadap prestasi belajar siswa (Sig= 0,000), begitu pula dengan peer group siswa terhadap semangat belajar (Sig=000). Sementara signifikansi antara semangat belajar terhadap prestasi belajar juga menunjukkan hubungan yang sangat erat (Sig=0,000). Antara peer group dan semangat belajar pun memiliki hubungan yang sangat erat (Sig=0,000). Sebanyak 75,23% siswa memiliki tingkat status sosial ekonomi yang rendah, 77,06% tergolong dalam peer group rendah, 72,48% memiliki semangat belajar yang rendah, 55,05% memiliki prestasi belajar yang rendah. Hasil keempat variabel adalah signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara tingkat status sosial ekonomi dan peer group terhadap prestasi belajar siswa. Semakin tinggi fasilitas dari orang tua dan peer group siswa maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, begitu pula sebaliknya. Kata-kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Fasilitas, Peer Group, Semangat Prestasi, Siswa.

Kata Kunci : Ekonomi; Pendidikan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.