Laporkan Masalah

ISU-ISU STRATEGIS DALAM UPAYA PERBAIKAN PELAYANAN KESEHATA RS.Dr.S.HARDJOLUKITO

Dwi Putri Y.N.E., Wahyudi Kumorotomo

2009 | Skripsi | Manajemen dan Kebijakan Publik (dh. Ilmu Administrasi Negara)

Kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan semakin tinggi seiring dengan semakin tingginya tingkat pendidikan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Pada masa sekarang ini semakin banyak tumbuh lembaga pelayanan kesehatan baik yang dikelola oleh perorangan maupun kelompok telah didirikan didirikan. Salah satu sarana pelayanan kesehatan yang banyak digunakan masyarakat adalah rumah sakit. Persaingan antar industri pelayanan kesehatan semakin dinamis dan kompetitif, terlebih dengan semakin banyaknya rumah sakit swasta yang didirikan. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan semakin tingginya tuntutan pengguna jasa akan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas, maka Rumah Sakit Dr.S.Hardjolukito sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan harus mempunyai strategi tertentu agar tetap dapat tumbuh dan berkembang dalam persaingan yang semakin ketat dan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas kepada pengguna jasa.. Berdasarkan konseptualisasi tersebut, dalam penelitian ini hendak mengidentifikasi berbagai isu strategis yang dihadapi RS.Dr.S.Hardjolukito melalui Analisis SWOT, kemudian dari berbagai isu strategis yang muncul tersebut akan direspon melalui perumusan strategi yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Melalui hasil observasi, wawancara, dan data sekunder diketahui bahwa RS.Dr.S.Hardjolukito belum mempunyai suatu rencana strategis dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan selama ini. Berbagai faktor internal di dalam RS.Dr.S.Hardjolukito juga belum optimal, seperti jumlah SDM yang belum memadai, profesionalitas pegawai masih kurang saat memberikan pelayanan,sarana dan prasarana yang belum lengkap. Selain itu, rumah sakit juga menghadapi lingkungan eksternal yang selalu berubah, seperti perkembangan teknologi yang pesat, kompetitor yang semakin banyak, dan masih terdapat keluhan dari pengguna jasa mengenai pelayanan RS.Dr.S.Hardjolukito. Dari hasil identifikasi terhadap faktor internal dan eksternal yang dihadapi RS.Dr.S.Hardjolukito, maka muncul berbagai isu strategis yang direspon melalui berbagai strategi. Strategi yang dirumuskan yaitu 1).strategi peningkatan kepuasaan pengguna jasa melalui penciptaan manajemen pelayanan yang berorientasi terhadap kepuasaan pelanggan, 2).Strategi mengatasi keterbatasan tenaga dokter spesialis 3).strategi peningkatan promosi program dan pelayanan kepada masyarakat, 4).strategi peningkatan hubungan kerjasama dengan institusi lain, 5)strategi peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan yang berkelanjutan. Dalam pelaksanaan berbagai strategi tersebut diperlukan suatu evaluasi secara berkala serta pengawasan dalam pelaksanaan strategi tersebut. Selain itu, dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak yang terkait sangat dibutuhkan demi keberhasilan pelaksanaan strategi tersebut.

Kata Kunci : Pelayanan Kesehatan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.