Laporkan Masalah

Sosialisasi Pendidikan Pra Sekolah Bagi Anak Tunggal Yang Kedua Orang Tuanya Bekerja (Study Kasus tentang Bagaimana Hubungan antara Metode Sosialisasi Pendidikan Pra Sekolah di Play Goup Aisyiyah...

WAHYUNI, Wahyuni

2008 | Skripsi | Sosiologi

Latarbelakang. Proses belajar anak berkaitan dengan fungsi sosialisasi yang diberikan oleh keluarga, karena keluarga merupakan tempat pertama anak memperoleh pendidikan. Menurut Goffman Sosialisasi terbagi menjadi dua yaitu sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder. Sosialisasi primer terjadi pad saat anak usia 1-5 tahun atau sebelum masuk sekolah dasar, sedangkan sosialisasi sekunder adalah lanjutan dari sosialisasi primer dan terjadi diluar lingkungan keluarga. Seiring dengan perkembangan zaman berkembang pula kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anak mereka, sehingga banyak orang tua pada saat ini memberikan pendidikan mulai dari usia dini kepada anak mereka. Pada saat sekarang lembaga pendidikan pra sekolah merupakan angin segar bagi kedua orang tua yang bekerja dan memiliki aktivitas yang padat sehingga waktu mereka menjadi terbatas dalam pengasuhan anak. Lembaga pendidikan pra sekolah menjadi solusi bagi mereka untuk membantu proses sosialisasi bagi anak mereka sementara mereka bekerja. Seorang ibu pada saat ini tidak hanya berkerja dalam sektor domistik tetapi juga terjun kedalam sektor publik untuk membantu suami dalam menambah penghasilan. Skripsi ini berusaha untuk mengungkapkan bagaimana hubungan antara metode sosialisasi pendidikan pra sekolah diplay goup Aisyiyah Nur’Aini Ngampilan Yogyakarta, terhadap perkembangan anak tunggal yang kedua orang tuanya bekerja Metode penelitian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif diskriptif, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu data primer dan data sekunder. pengumpulan data primer dengan mengunakan observasi dan wawancara sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui catatan lapangan dan dokumentasi selama penelitian berlangsung, pendekatan dilakukan dengan para guru, anak didik dan ibu anak didik sebagai sumber data dalam penelitian. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian. Dari analisa data yang telah dikumpulkan selama penelitian berlangsung maka diperoleh hasil dalam dua bentuk sosialisasi yaitu sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder. Hasil yang pertama, proses sosialisasi dalam keluarga yang terdiri dari sosialisasi primer dalam keluarga, keluarga sebagai pembentuk kepribadian anak dan perubahan masyarakat. Kedua, sosialisasi sekunder dalam lingkungan sekolah, ketiga, faktor yang mempengaruhi orang tua menyekolahkan anak mereka kelembaga pendidikan pra sekolah dan yang ke empat, perkembagan anak selama di pra sekolah. Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik sebuah kesimpulan, mengenai perkembangan apa saja yang terjadi pada anak selama menempuh pendidikan pra sekolah. perkembangan yang terjadi pada anak selama mereka menempuh pendidikan pra sekolah adalah adanya perkembangan jasmani, kognitif, bahasa, emosi dan sosial. Selian terdapatnya perkembangan pada anak hal itu juga dapat menjawab teori dari Goffman mengenai proses sosialisasi pada manusia.

Kata Kunci : Pendidikan Pra Sekolah


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.