Laporkan Masalah

Strategi Komunikasi Public Relations dalam Image Rebuilding (Studi Kasus Strategi Komunikasi Departemen Luar Negeri Republik Indonesia sebagai PR Indonesia dlm Mengembalikan Kepercayaan Wisatawan Asin

MARWATI, Wenie Puji, Wenie Puji Marwati

2006 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Penelitian ini berbicara mengenai krisis yang dihadapi Indonesia pada masa teror aktif berdatangan di negeri ini. Namun fokus pengupasannya adalah pada kasus pengeboman yang terjadi di pulau Bali pada tanggal 12 Oktober 2002 dan 1 Oktober 2005. Dalam waktu relatif pendek ini, pemerintah Indonesia menjadi target serangan teroris kelas kakap. Daerah bidikannya pun adalah pulau yang terkenal sebagai paradise of tourism yang tidak pernah terbesit sedetik saja oleh siapapun bahwa daerah ini akan terkena serangan teror bom. Hal tersebut merupakan alasan dimana Indonesia terbawa menuju situasi krisis multidimensi. Departemen Luar Negeri dipilih oleh peneliti sebagai wakil dari Indonesia, yang mana berperan sebagai public relations atau humas yang mengomunikasikan segala kegiatan yang berhubungan dengan negara lain. Untuk alasan itulah peneliti tergelitik mencari jawaban atas rumusan masalah yang diajukan. Ternyata, dapat disimpulkan bahwa Deplu sebagai wakil dari Indonesia selama ini belum mempunyai strategi khusus yang dirancang untuk menghadapi krisis yang bisa datang sewaktu-waktu. Apalagi krisis ini menyerang aparatus keamanan pemerintah, sebab kegiatan terorisme di suatu daerah memperlihatkan bagaimana kinerja apparatus keamanannya.

Kata Kunci : Public Relations; Strategi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.