Laporkan Masalah

Implementasi Program CSR PT. Sari Husada, Tbk ( Studi Tentang Program CSR PT. Sari Husada, Tbk terhadap Masyarakat RW 08, 09 dan 10 Kelurahan Muja-Muju Yogyakarta )

SATIVA, Rezania, Rezania Sativa

2008 | Skripsi | Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (dh. Ilmu Sosiatri)

Sebagai komponen dalam satu ekosistem, secara lahiriah, kehadiran perusahaan berperan utama dalam memproduksi barang dan jasa bagi masyarakat,menciptakan peluang kerja, membayar pajak dan menginginkan pengembalian modal dan meraih keuntungan. Pada dekade 1990-an, harapan masyarakat atas bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) mengalami pergeseran. CSR diharapkan benar-benar difungsikan sebagai komitmen berkelanjutan dari perusahaan atas lingkungan sekitarnya yang pada akhirnya diharapkan memberikan dampak positif. Oleh karena itu, pembahasan mengenai program CSR PT. Sari Husada dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah program CSR tersebut telah memberdayakan masyarakat RW 8, 9 dan 10 atau belum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Obyek penelitiannya adalah PT. Sari Husada sebagai pelaksana program dan masyarakat RW 8, 9 dan 10 sebagai sasaran program. Lokasi penelitian ini adalah RW 8, RW 9 dan RW 10 Kelurahan Muja-Muju, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta.PT. Sari Husada memiliki 9 program CSR yang dibagi kedalam 2 bidang yaitu program commmunity relations yang terdiri dari bidang pembangunan,pendidikan, kesehatan, budaya, olahraga, agama serta promosi dan partisipasi.Sedangkan program community development terdiri dari program sosial dan ekonomi. Dari kedua bidang program CSR tersebut, program CSR untuk masyarakat RW 8, 9 dan 10 masuk kedalam program community relations yaitu dibidang pembangunan, pendidikan, kesehatan, agama serta promosi dan partisipasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa program CSR PT. Sari Husada terhadap masyarakat RW 8, 9 dan 10 belum mampu memberdayakan masyarakat. Ini terjadi karena program CSR perusahaan untuk masyarakat RW 8, 9 dan 10 masih bersifat charity. Masyarakat belum dilibatkan secara penuh oleh PT. Sari Husada dalam proses perencanaan program CSR sehingga partisipasi masyarakat juga dapat dikatakan masih kurang. Namun program CSR PT. Sari Husada terhadap masyarakat sebagian besar sudah dirasakan manfaatnya yaitu dalam hal peningkatan kualitas fisik dan kesehatan serta telah membantu masyarakat kurang mampu yaitu bantuan dalam beasiswa pendidikan serta sembako. Tetapi di sisi lain bagi sebagian kecil masyarakat masih terdapat kesan bahwa PT. Sari Husada dalam memberikan bantuan kepada masyarakat kurang sesuai dengan kemajuan perusahaan saat ini serta dampak yang dirasakan masyarakat akibat produktifitas perusahaan tersebut. Hal ini dikhawatirkan dapat mengakibatkan konflik laten maupun manifest. Kurang harmonisnya hubungan antara PT. Sari Husada dan masyarakat sekitar ini sedikit banyak dapat mempengaruhi kelancaran program CSR yang dijalankan perusahaan ini.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.