Laporkan Masalah

Strategi Komunikasi Pemasaran PT Yamaha Motor Kencana Indonesia dalam Mempertahankan Posisi Yamaha MIO Sebagai Pemimpin Pasar

HIKMAH, Kencana Suluh, Kencana Suluh Hikmah

2007 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia dalam Mempertahankan Posisi Yamaha Mio sebagai Pemimpin Pasar Scootermatic di Indonesia”. Topik ini peneliti anggap menarik untuk dikaji karena tidak seperti teori-teori pemasaran yang menyatakan bahwa ketika sebuah produk sudah berada pada tahap kedewasaan maka ia akan mengalami persaingan yang melonggar, di masa kedewasaannya produk Yamaha Mio kedatangan dua pesaing baru yang lebih kuat dari pesaing-pesaing sebelumnya sehingga PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT.YMKI) selaku pengelola pemasaran Yamaha Mio harus berusaha lebih keras lagi untuk mempertahankan posisi produk ini sebagai pemimpin pasar scootermatic di Indonesia. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT. YMKI dalam mempertahankan posisi Yamaha Mio sebagai pemimpin pasar scootermatic di Indonesia. Jawaban atas permasalahan ini peneliti coba dapatkan dengan melakukan penelitian studi kasus deskriptif yang berusaha mendapatkan gambaran rinci, mendalam, dan menyeluruh mengenai strategi komunikasi pemasaran yang PT. YMKI jalankan dalam mempertahankan posisi Yamaha Mio sebagai pemimpin pasar produk scooter matic di Indonesia beserta riwayat dan konteks-konteks lain yang melatarbelakangi PT. YMKI memutuskan untuk menggunakan strategi komunikasi pemasaran ini. Akhirnya, sebagai hasil, penelitian ini mendapatkan fakta bahwa dalam usahanya mempertahankan posisi Yamaha Mio di pasar, PT.YMKI menggunakan strategi komunikasi “Perbedaan” yang menekankan pada pengadaan kegiatan yang melibatkan langsung emosi konsumen dan menarik minat wanita. Selain itu hasil analisis peneliti memperlihatkan bahwa strategi komunikasi pemasaran ini cenderung bersifat consumer-centric, yakni konsumen menjadi pihak inti yang memegang tiga peranan sekaligus dalam strategi komunikasi pemasaran ini, yakni sebagai sumber ide, pelaksana, dan sasaran.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.