Laporkan Masalah

Politik Identitas: Pergulatan Etnis Tionghoa Mempertahankan Eksistensi Identitas di Tengah Upaya Pembauran (Studi Penelitian Deskriptif Pergulatan Etnis Tionghoa di Solo)

KINASIH, Ayu Windy, Ayu Windy Kinasih

2005 | Skripsi | Politik dan Pemerintahan (dh. Ilmu Pemerintahan)

Harian Pagi Memo Arema adalah salah satu perusahaan surat kabar harian pagi yang terbit dan memiliki jangkauan wilayah edar di Malang Raya. Memo Arema bersaing dengan surat kabar harian pagi lainnya yang beredar di Malang Raya untuk memperoleh sumber daya langka berupa pilihan pembaca dan pendapatan iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memaparkan dan menganalisis strategi bersaing yang diterapkan Memo Arema pada tahun 2011. Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji dua aspek yaitu pertama, strategi bersaing Memo Arema tahun 2011 untuk membangun sirkulasi serta kedua, strategi bersaing Memo Arema tahun 2011 untuk menjual ruang (space) iklan dalam produk Memo Arema kepada para pemasang iklan. Memo Arema berada dalam struktur pasar monopolistik yang diisi banyak perusahaan surat kabar yang masing-masing menghasilkan produk surat kabar harian pagi yang berbeda. Memo Arema bekerja dengan prinsip pemasaran yang menempatkan kepentingan audiens (pembaca) sebagai prioritasnya. Diferensiasi produk menjadi daya tawar khusus baik untuk menjual produk maupun menjual ruang iklan kepada para pemasang iklan. Keunggulan bersaing yang diperoleh dari kekhasan produk sebagai surat kabar kriminal ditunjang oleh taktik distribusi yaitu loper tembak. Loper tembak adalah taktik distribusi dimana para loper koran secara khusus menjual surat kabar Memo Arema dengan berkeliling ke wilayah terjadinya peristiwa yang disebutkan oleh berita Memo Arema pada hari tersebut. Mereka menawarkan koran dengan menyebutkan judul berita, nama korban, nama pelaku tindak kriminal, atau hal lain yang menjadi intisari berita yang berpotensi menarik minat masyarakat wilayah tersebut untuk membeli surat kabar Memo Arema. Pada tahun 2011 Memo Arema memiliki 65 orang loper tembak dengan lima orang diantaranya adalah loper tembak wanita yang secara khusus menjual koran di wilayah Kota Malang. Secara umum, Memo Arema menerapkan dua strategi bersaing pada tahun 2011 yaitu strategi analog melalui versi produk cetak dan strategi digital. Strategi digital ditempuh dengan meluncurkan situs resmi www.memoarema.com pada bulan April 2011. Kata Kunci: surat kabar harian pagi, Memo Arema, strategi bersaing, manajemen strategis media, pemasaran.

Kata Kunci : Politik, Etnis


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.