Laporkan Masalah

Pemanfaatan Twitter oleh Agen Pemasaran Asuransi di Yogyakarta:(Studi Etnografi Pemanfaatan Twitter oleh Agen Pemasaran Asuransi Prudential Yogyakarta).

KURNIANTI, Apsari Wahyu, Nunung Prajarto

2014 | Tesis | Ilmu Komunikasi

ABSTRAK PEMANFAATAN TWITTER OLEH AGEN PEMASARAN ASURANSI (STUDI ETNOGRAFI PEMANFAATAN TWITTER OLEH AGEN PEMASARAN ASURANSI PRUDENTIAL YOGYAKARTA) Perkembangan penelitian komunikasi pemasaran telah dilakukan semakin beragam. Berbagai kondisi terkini kaitannya dengan pemanfaatan teknologi berbasis internet telah menjadi misteri tersendiri bagi penelitian di bidang ilmu komunikasi. Oleh sebab itu, penelitian ini berusaha untuk menjawab fenomena yang terjadi didunia komunikasi marketing. Penelitian ini difokuskan pada pemanfaatan twitter sebagai media komunikasi marketing oleh para agen pemasaran sebagai ujung tombak perusahaan. Mereka bisa memanfaatkan internet sebagai sarana komunikasi pemasaran. Mulai dari membuat blog, memuatnya di iklan online, membuat iklan di sosial media dan sebagainya. Dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif, terutama menggunakan metode etnografi peneliti berusaha untuk mengamati, mengobservasi tingkah laku para agen asuransi di kota Yogyakarta dalam keseharian mereka berinteraksi. Dimana hasilnya antara lain: 1) Menurut analisis stakeholders, kegiatan komunikasi pemasaran Twitter Prudential terdiri dari 4(empat) stakeholders utama yaitu, Perusahaan, Leader, Agen, dan Follower. 2) Sedangkan menurut analisis AIDA (Attention, Interest, Desire, and Action to buy), tujuan promosi secara sederhana terbagi menjadi tiga jenis yaitu, memberikan informasi pelanggan tentang produk atau fitur baru seperti menciptakan kebutuhan, mempengaruhi pelanggan untuk membeli merek orang lain, dan mengingatkan pelanggan tentang merek yang termasuk memperkuat penetapan rancangan merek. Kata Kunci : Agen Asuransi, Twitter, Analisis Stakeholders dan AIDA

Kata Kunci : Asuransi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.