Laporkan Masalah

Organization-Public Relationships di Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan :(Studi Evaluatif tentang Relasi antara Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan Ke

SUSANTI, Mariana, Ana Nadhya Abrar

2014 | Tesis | Ilmu Komunikasi

ABSTRAK Esensi public relations (PR) telah diredefinisi sejak lahirnya paradigma manajemen relasi pada sekitar tahun 1980-an. PR tidak hanya bertugas di bidang teknis yang berkaitan dengan citra, brand, atau identitas organisasi. Nilai PR akan bertambah jika berhasil menciptakan, memelihara, dan mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publik-publik kunci. Secara khusus, para ilmuwan PR menegaskan bahwa penelitian-penelitian mengenai PR sebaiknya fokus pada evaluasi relasi secara menyeluruh. Program kemitraan penyiaran konten audio pendidikan yang dilakukan Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan (BPMRP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2008 menjadi objek penelitian ini. Penelitian dilakukan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana relasi antara BPMRP dengan radio-radio mitra sebagai publik eksternalnya? Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi relasi antara instansi pemerintah dan publik eksternal menggunakan pendekatan koorientasi. Kerangka teoritis yang dipakai adalah teori-teori organization-public relationships (OPR). Metode yang digunakan adalah mixed methods. Survei kuantitatif dilakukan untuk mengetahui perspektif langsung dan meta-perspektif instansi pemerintah dan publik eksternal berdasarkan dimensi kepercayaan, kepuasan, komitmen, mutualitas kendali, dan jaringan personal. Perspektif langsung dan meta-perspektif instansi pemerintah dan publik eksternal dianalisa untuk mengetahui derajat kesepakatan, keakuratan, dan kongruensi dari relasi tersebut. Teknik wawancara digunakan untuk mengungkap anteseden dan konsekuensi dari relasi sehingga kedinamisan relasi antara instansi pemerintah dan publik eksternal dapat terlihat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kepercayaan, kepuasan, dan komitmen merupakan ukuran relasional yang global. Perspektif langsung dan meta-perspektif instansi pemerintah dan publik eksternal menempatkan dimensi kepercayaan, kepuasan, dan komitmen di urutan atas; sedangkan dimensi mutualitas kendali dan jaringan personal berada di urutan bawah. Relasi disebabkan karena ada kebutuhan dan kelangkaan sumber daya dari kedua belah pihak. Motif sosial dan ekonomi melatarbelakangi terciptanya relasi antara instansi pemerintah dan publik eksternal. Meskipun tipe koorientasi menunjukkan adanya ketidaksepakatan antara instansi pemerintah dan publik eksternal dalam dimensi kepuasan, komitmen, dan mutualitas kendali, namun kedua pihak berupaya memelihara relasi dengan bersedia melakukan perubahan ke arah positif untuk kemajuan masing-masing. Kata kunci: organization-public relationships, pendekatan koorientasi, anteseden, konsekuensi, dimensi relasional.

Kata Kunci : Public Relations


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.