Laporkan Masalah

Bisnis Penerbitan Buku pada Era Digital di Indonesia :(Studi kasus Strategi Penerbit Mizan Menghadapi Era digitalisasi Penerbitan Buku Periode 2013-2014).

MANGGAGA, Indah Pratiwi, Ana Nadhya Abrar

2014 | Tesis | Ilmu Komunikasi

INTISARI Penerbitan digital mulai berkembang di Indonesia seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, eBook (buku elektronik) atau disebut juga buku digital merupakan salah satu aspek dari penerbitan digital, mulai digemari sejalan dengan penggunaan telepon pintar atau tablet yang sudah diakomodasi oleh aplikasi eBook Reader (perangkat lunak untuk membaca buku elektronik). Karena penggunaanya yang praktis, maka penikmat buku sudah mulai bergeser membaca eBook, hal ini membuat penerbit buku-buku cetak harus mencari cara agar bisa memenuhi kebuutuhan pembaca di era digital jika ingin terus meningkatkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dilakukan Mizan menghadapi era digitalisasi dalam industri penerbitan buku dengan menggunakan metode studi kasus sebagai metode penelitian dengan jenis penelitian deskriptif untuk mendiskripsikan strategi Mizan menghadapi tantangan lingkungan eksternal perusahaan yang paling dominan, yakni digitalisasi di industri penerbitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mizan sesuai dengan pendekatan lima kekuatan kompetitif industri dan strategi umum Michael E. Porter yang digunakan dalam penelitian ini, melakukan strategi diferensiasi, keunggulan biaya, dan juga fokus di dalam unit bisnis baru mereka yaitu Mizan Digital Publishing. Membuka lini baru khusus dalam penerbitan digital ini, merupakan respon cepat Mizan menjawab era digitalisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam menjawab tantangan digitalisasi penerbitan Mizan sudah bisa dikatakan cukup siap, tetapi walau telah melakukan tiga strategi umum Porter, namun secara keseluruhan strategi yang mereka lakukan belum bisa dikatakan maksimal, karena industri penerbitan merupakan sebuah industri kreatif, inovasi yang mereka lakukan masih dengan mudah diikuti oleh para pesaing serta kesiapan teknologi yang belum memadai. Kata kunci: bisnis penerbitan, buku digital, Mizan,

Kata Kunci : Masyarakat Informasi : Digital


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.