Laporkan Masalah

IDEOLOGI DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Analisis Semiotik Gambar Calon Presiden 2009 di Halaman Depan Koran Tempo)

Reza Aprianti, Nunung Prajarto

2010 | Tesis | Sosiologi

Ideologi akan mempunyai kekuataan apabila dapat dilambangkan dan dikomunikasikan. Ideologi sarat akan kepentingan, termasuk ideologi yang dimiliki media yang membuat media tersebut menjadi tidak netral. Berdasarkan pendapat James Lull inilah, maka penelitian ini dilakukan dengan obyek penelitian gambar calon presiden 2009 yang dimuat pada halaman depan Koran Tempo. Dengan harapan mampukan menjelaskan bagaimana sebuah ideologi berkerja dalam perangkat desain komunikasi visual (gambar) tanpa harus menggunakan bahasa verbal. Dan ternyata dengan menggunakan analisi semiotik sebagai pisau analisanya, mampu mengungkap hal tersebut. Untuk memudahkan penelitian, maka obyek penelitian dibagi kedalam enam unit analisis yang terdiri dari obyek tema, teks verbal, visualisasi, komposisi, sudut pandang pembaca (viewer) dan modalitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa proses trasformasi ideologi kepentingan baik dari pihak internal maupun eksternal Koran Tempo dalam memberitakan para calon presiden 2009 juga terjadi dalam bentuk komunikasi visual yang didesain agar terlihat senetral mungkin sehingga masuk kedalam alam bawah sadar pembaca tanpa unsur paksaan. Kata kunci : Ideologi Media, Desain Komunikasi Visual.

Kata Kunci : Media Massa


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.