Laporkan Masalah

KINERJA KANTOR ADMINISTRASI DISTRIK ERMERA (DESENPENHAMENTO DO ESCRITORIO DA ADMINISTRAÇÃO DO DISTRITO DE ERMERA)

EDGAR SEQUEIRA MARTINS, Gabriel Lele

2009 | Tesis | Manajemen dan Kebijakan Publik

Kantor Administrasi Distrik Ermera merupakan salah satu dari 13 kantor Administrasi distrik yang ada di Timor-Leste. Tantangan yang dihadapi adalah tuntutan masyarakat agar Kantor Administrasi Distrik Ermera dapat menunjukan kinerja yang memuaskan dalam melayani masyarakat distrik Ermera. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1).Mengetahui kinerja Kantor Administrasi Distrik Ermera, yang diukur dari indicator produktivitas, responsivitas dan akuntabilitas. 2). Mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja Kantor Administrasi Distrik Ermera, yaitu manajemen, kepemimpinan dan politisasi. Penelitian ini dilakukan di Kantor Administrasi Distrik Ermera di Gleno dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan penelitian deskriptif (deskriptive research). Data primer diperoleh dari wawancaradengan para informan yang terdiri dari Administrator Distrik, Sekretaris Distrik, Kepala Departemen keuangan, Kepala Departemen Ekonomi sosial, Kepala Departemen perencanaan dan pembangunan, Staf bagian sekretariat distrik, keuangan, sosial, perencanaan dan pembangunan, Masyarakat Pengguna Layanan, Tokoh masyarakat, Pengamat, dan Politisi. Data sekunder diperoleh dari penelusuran pustaka. Data hasil observasi, yakni dari observasi langsung peneliti di lapangan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dari aspek produktivitas Kantor Administrasi Distrik Ermera sejauh ini berhasil merumuskan enam jenis program dalam rangka proses pelayanan masyarakat di distrik Ermera. Kantor Administrasi Distrik Ermera juga berhasil merealisasikan semua program kerja yang telah dirumuskan. Dari aspek responsivitas kemampuan Kantor Administrasi Distrik Ermera dalam mengenali kebutuhan masyarakat sudah ada metode-metode identifikasi dan inventarisasi masalah melalui monitoring rutin dan pertemuan regular dengan masyarakat, kesigapan melayani masyarakat ditunjukan dengan selalu melayani masyarakat dengan segera sehingga masyarakat pengguna layanan tidak menunggu lama dalam urusan mereka, kemampuan menjawab keluhan masyarakat terlihat dari selalu menyampaikan keluhan dan permohonan masyarakat sampai ada solusi dari pemerintah pusat. Dari aspek akuntabilitas ada pertanggungjawaban secara administratif dan pertanggungjawaban realisasi program kerja. Akuntailitas dalam hal membuat laporan sesuai dengan prosedur sudah berjalan sesuai struktur yang ada dan terrealisisinya program-program kerja yang ada. Ketepatan waktu dan akurasi dalam membuat laporan terlihat bahwa secara administratif laporan-laporan sudah dibuat sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja seperti manajemen menunjukan bahwa pendelegasian tugas dan wewenang sudah diterapkan oleh pimpinan Kantor Administrasi Distrik Ermera, kemampuan memamfaatkan sumber daya organisasi terlihat bahwa sudah ada kebijakan pengalokasian sumber daya secara proporsional sesuai dengan volume pekerjaan, dan kemampuan menyelesaikan permasalahan terlihat bahwa sudah ada upaya dan metode penyelesaian permasalahan. Pimpinan memiliki kewibawaan dalam memimpin bawahannya merealisasikan program-program kerja kantor, Pimpinan juga memberikan teladan dalam bersikap dan bertindak diantaranya disiplin waktu dan disiplin menggunakan fasilitas kantor, Para pimpinan juga aktif dalam mencari solusi bagi masalah-masalah yang timbul dalam proses implementasi dan realisasi program kerja. Dari aspek politisasi terlihat bahwa perekrutan pegawai masih terjadi intervensi partai politik, promosi dan mutasi tidak terdapat indikasi politisasi, demikian kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan juga tidak ada indikasi bahwa telah terjadi politisasi.

Kata Kunci : Kinerja


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.