Laporkan Masalah

Peranan Harga Diri dan Student Engagement terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi

MEUTIA NURUL W., Maria Goretti Adiyanti, Dr., M.S., Psikolog

2017 | Tesis | S2 Psikologi Profesi

Perubahan-perubahan yang ditemui pada masa transisi dari sekolah menengah atas ke perguruan tinggi menimbulkan permasalahan penyesuaian sosial pada mahasiswa baru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga diri dan student engagement terhadap penyesuaian sosial mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi. Skala harga diri, skala student engagement yang mengacu pada Student Course Engagement Quotient (SCEQ), dan skala penyesuaian sosial di perguruan tinggi yang mengacu pada skala Social Adjustment Sub Scale Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) disebarkan pada 385 orang mahasiswa tahun pertama jurusan-jurusan soshum Universitas X di Yogyakarta angkatan 2016. Penelitian ini menggunakan desain non-eksperimental regresi linear berganda dengan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa harga diri dan student engagement secara bersama-sama berperan dalam mendukung peningkatan penyesuaian sosial mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi dan variabel bebas memberikan pengaruh sebesar 56,4%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan penyesuaian sosial di lingkungan perguruan tinggi antara mahasiswa baru laki-laki dan perempuan.

The changes that were encountered during transition from high school to university caused social adjustment problems to freshment students. This study is aimed to determine whether there is an effect of self-esteem and student engagement on freshmen students social adjustment to college. 385 freshmen students batch 2016 of social faculties X Universiy in Yogyakarta will be completed psychological scale questionnaires, consisting of self-esteem scale, student engagement scale which refers to Student Course Engagement Quotient (SCEQ), and social adjustment scale which refers to Social Adjustment Sub Scale Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). This research used non-experiment with survey. The results show that self-esteem and student engagement have a role togetherly in supporting the improvement of freshmen students social adjustment to college and the independent variablesgives the effect of 56,4%. The research result also shows that there is no difference in social adjustment to college of male and female freshmen students.

Kata Kunci : Penyesuaian Sosial di Lingkungan Perguruan Tinggi; Harga Diri; Student Engagement / Social Adjustment to College; Self-Esteem; Student Engagement

  1. S2-2017-339491-abstract.pdf  
  2. S2-2017-339491-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-339491-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-339491-title.pdf