TINJAUAN EPISTEMOLOGI ILMU ATAS MODEL DAN SIMULASI DALAM EKSPERIMEN PENJARA STANFORD
INNA SAFA RAHMADIAN, Dr. Sindung Tjahyadi
2017 | Skripsi | S1 ILMU FILSAFATPenelitian ini menyelidiki validitas eksperimen simulasi penjara Stanford (EPS) sebagai eksperimen klasik psikologi sosial tahun 1971 yang mensimulasikan keadaan psikologis penjara dengan mengkondisikan 19 orang mahasiswa terbagi menjadi dua kelompok subjek yang bermain peran menjadi sipir dan tahanan dalam kondisi pemenjaraan selama 6 hari di basement Fakultas Psikologi Universitas Stanford. Peninjauan ulang mengenai eksperimen ini dilakukan dengan meninjau realitas dan kebenaran validitas eksperimen dengan bantuan pemikiran epistemologi ilmu yang berkaitan dengan model dan simulasi (M&S). Epistemologi M&S menyelidiki atas kemungkinan pengetahuan yang tergambarkan dalam simulasi EPS dan menelaah realitas yang sebenarnya tergambarkan dalam eksperimen tersebut. Objek material dalam penelitian ini adalah argumentasi validitas EPS yang terbingkai dalam laporan hasil penelitian EPS berjudul Interpersonal Dynamic in Simulated Prison (1973). Objek formal penelitian ini adalah pemikiran model dan simulasi dalam bidang kajian epistemologi ilmu. Penelitian ini menggunakan jenis kajian kepustakaan. Data diambil dari laporan hasil eksperimen, berbagai artikel jurnal, buku dan karya ilmiah yang berkaitan dengan judul penelitian. Metode yang dipakai adalah refleksi filosofis mengenai teori ilmiah. Analisis penelitian ini menggunakan unsur metodis deskripsi, interpretasi, metode khusus (pemahaman metode eksperimentasi), idealisasi dan refleksi kritis. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Model dan simulasi menurut epistemologi ilmu merupakan tiruan ilmiah atas realitas yang penilaian atas validitasnya masih dapat diperdebatkan melalui penyelidikan atas pemahaman konsep realitas dan konsep kebenaran yang memiliki korespondensi. (2) Simulasi yang diperlihatkan EPS merupakan gambaran realitas ilmiah yang berasal dari konstruksi kelompok peneliti melalui mekanisme penelitian yang ketat serta mengandung klaim valid di dalamnya (3) Epistemologi model dan simulasi membantah klaim kebenaran atas realitas dalam validitas EPS, karena EPS memperlihatkan kepalsuan terhadap realitas yang terdapat pada tidak ditemukannya kebenaran yang berkorespondensi. Simpulan ini berasal dari permasalahan EPS terkait rekrutmen subjek dan permainan peran subjek dalam eksperimen
This research investigate the validity of Stanford Prison Experiment (SPE) as a classical social psychology experiment in 1971 that simulated psychological prison condition by conditioning 19 college students into two group of subject role playing as prisoners and guards in imprisonment within 6 days in the basement of Faculty of Psychology Stanford University. The attempt of this research is to critically reviewing the reality and truth of validity of the experiment by observing the mechanism through model and simulation (M&S) in epistemology of science. Epistemology of M&S investigate the possibility of knowledge that illustrated in the simuation and critically analyze the actual reality that illustrated on SPE. The material object of this research is the validity argumentation of SPE that frame in its’ research report titled Interpersonal Dynamic in Simulated Prison (1973). Subsequently, the formal object is philosophical ideas of model and simulation in the field of study epistemology of science. This research is using bibliography review. The data is taken from research report, relevant journal articles, books and scientific works. The method which used is philosophical reflection of scientific theory. The analysis of this research is using methodical elements of the description, interpretation, specific methods (understanding of experimentation method), idealization and critical reflection. The result of this research are as follows: (1) Model and simulation in epistemology of science is the scientific imitation of reality that contain validity judgement that still debatable through the investigation of the understanding of concept of reality and correspondence truth. (2) The simulation in SPE is an scientific illustration constructed from the group of scientist through a strict research mechanism and within it contain validity as a claim. (3) Epistemology M&S reject the validity of SPE considering the fake reality that appear from the absence of correspondence of truthfulness that is appropriate. This problem root in the subject recruitment and role-playing in the experiment.
Kata Kunci : EPS, model dan simulasi, realitas / SPE, model and simulation, reality