Marketing Plan Produk WD-40 Spesialis Otomotif
Fahrul Hidayat, Dr. Iin Mayasari, S.I.P., M.M., M.Si.
2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTASaat ini persaingan di dunia usaha semakin ketat, terlihat dengan banyak bermunculan perusahaan baru yang ikut meramaikan persaingan, dan juga persaingan yang ditunjukan oleh para pemain yang telah berkecimpung di pasar Indonesia. Iklim persaingan ini memicu perusahaan untuk melakukan strategi yang akan membuat perusahaan dapat bertahan atau bahkan dapat menjadi pemimpin pasar. Untuk itu dibutuhkan sebuah strategi pemasaran yang baik atau disebut sebagai marketing plan, dengan strategi ini akan membantu perusahaan untuk membuat atau menetapkan sebuah tujuan pemasaran yang diinginkan berikut dengan rencana kerja pemasaran yang terstruktur dan sistematis. Penelitian ini dilakukan terhadap produk terbaru WD-40 Spesialis Otomotif. Penelitian ini membahas mengenai analisis yang dilakukan terkait kondisi perusahaan yang hasilnya akan digunakan untuk merumuskan marketing plan yang akan dilakukan. Rekomendasi dan simpulan dalam penelitian ini dipaparkan ke dalam strategi segmenting, targeting, dan positioning, serta marketing mix dan perencanaan pelaksanaannya dibuat di dalam program marketing plan. Strategi segmenting dan targeting dilakukan untuk menetapkan pasar sasaran di segmen otomotif. Strategi positioning dilakukan untuk menetapkan posisi WD-40 Spesialis Otomotif di benak konsumen, posisi yang ditetapkan adalah produk premium dengan kualitas terbaik. Eksekusi dilakukan dengan strategi marketing mix, dimulai dari perencanaan strategi produk dengan tetap menggunakan merek WD-40, menetapkan lokasi atau distribusi yang tersebar di modern market, traditional market, direct marketing, dan online sales, serta strategi promosi dilakukan dengan push and pull strategy dan B2B strategy. Untuk memudahkan perusahaan dalam melaksanakan strategi tersebut di atas, dibuatlah rencana detail pelaksanaan yang dikemas ke dalam program marketing plan.
Currently the competition in the business world is getting tighter, seen with many emerging new companies that enliven the competition, and also the competition shown by the existing companies in Indonesia.This competition climate, triggers the company to create strategy that will make the company survive or even become a market leader. To overcome this situation, a company should create a good marketing strategy or known as marketing plan, this strategy will help companies to create or set the desired marketing goals along with a structured and systematic marketing plan. The research conducted towards new WD-40 products called WD-40 Specialist Automotive. The research describe analysis that had been conducted related to the company condition and the results will be used to formulate the marketing plan that will be done. Recommendations and conclusions in this research described in segmenting, targeting, and positioning strategies, as well as marketing mix and implementation planning made in marketing plan program. Segmenting and targeting strategy are conducted to set the right target market, which is automotive market. Positioning strategy was to determine the position of WD-40 Specialist Automotive in the consumer mind, the position set as a premium product with the best quality. Execution is done by marketing mix strategy, starting from product strategy planning by using WD-40 brand, then setting location or distribution, which spread in modern market, traditional market, direct marketing, and online sales, and promotion strategy done by push and pull strategy and B2B strategy. To facilitate the company in carrying out the above-mentioned strategies, the strategy made with detailed plan of implementation that is packaged into the marketing plan programmed.
Kata Kunci : Marketing Plan, Segmenting, Targeting, Positioning, Marketing Mix, Push and Pull Strategy, B2B Strategy.