Character Education in English Learning Process
EKO BUDIYANTI, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd.
2017 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SVPendidikan karakter merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pembentukan karakter bangsa. Untuk memaksimalkan pendidikan karakter maka perlu memaksimalkan peran mata pelajaran yang ada. Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang bisa menjadi media pembentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana mata pelajaran bahasa Inggris dapat membentuk karakter siswa. Penelitian ini akan mengkaji mengenai proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris dalam membentuk karakter siswa, penguatan untuk pendidikan karakter yang ada dalam pembelajaran bahasa Inggris, faktor pendukung dan penghambat, hasil pembelajaran bahasa Inggris dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini akan menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kepustakaan, observasi langsung, wawancara, serta dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Terdapat komponen penguat pendidikan karakter meliputi positif dan negatif. (3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung yaitu kurikulum, guru, dan program sekolah sedangkan faktor penghambat meliputi kerakteristik siswa dan perencanaan pembelajaran. (4) Hasil pembentukan karakter melalui pembelajaran bahasa Inggris yaitu berkembangnya aspek yang dimiliki siswa meliputi kognitif, afektif, dan psikomotor.
Character education is one of government’s effort to shape people character. To maximize character education need to maximize the role of school subjects. English is one of the school subjects which can be the media to shape student character. The aim of this research is to observe the role of English learning process in shaping student character. This research will discuss the process of implementation English learning process in shaping student character, the reinforcement of character education that exist in English learning process, the supporting and inhibiting factors, and the result of character education in English learning process. This research uses qualitative research and case study research type. The subjects of the study include the English teacher and students. The data are obtained by library research, direct observation, interview, and documentation. The results of the study show that: (1) The learning process includes planning, implementation, and evaluation. (2) There are components of reinforcement in character education includes negative and positive reinforcement. (3) There are supporting and inhibiting factors. The supporting factors are curriculum, teacher, and school program while the inhibiting factors include student characteristic and lesson planning. (4) The result of the character education in English learning process is the development of aspects owned by students includes cognitive, affective, and psychomotor.
Kata Kunci : Learning, English, Character Education