PEMBENTUKAN BRAND IMAGE HOTEL SHERATON MUSTIKA YOGYAKARTA RESORT & SPA SEBAGAI BUSINESS AND LEISURE HOTEL MELAUI INSTAGRAM
IMAM HANAFI, Eska Nia Sarinastiti, S.I.Kom., M.A.;Muhamad SidiqWicaksono, S.E., M.Sc
2017 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVPublic Relation merupakan sub departemen dari Hotel yang paling sering menggunakan media online ini untuk melakukan publikasi, promosi ataupun membentuk citra perusahaan kepada publik. Instagram merupakan salah satu media online yang saat ini paling banyak digunakan Public Relation dalam membentuk citra perusahaan di Yogyakarta. Hotel yang meggunakan Instagram dalam pembentukan citra perusahaan adalah Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa. Hal ini dilatar belakangi oleh pergantian manaj emen Hotel dan anggapan publik terhadap Hotel pada manajemen yang sebelemnya. Metode penelitian yang digunakan Peneliti dalam tugas akhir ini adalah penelitian kualitatif dengan metode eksploratif yaitu dengan melakukan pengamatan langsung, wawancara, dokumentasi, dan penelitian kepustakaan sebagai pengumpulan data. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan bahwa peran Public Relation di media online Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa sangat penting karena dapat melakukan publikasi, promosi ataupun membentuk citra perusahaan kepada publik dengan cepat dan hemat . Adapun kendala yang dialami oleh Public Relation dalam pembentukan brand image Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa adalah masalah teknis. Kemudian untuk membentuk brand image Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa melalui Instagram adalah dengan membuat konten-konten pada Instagram.
Public Relations is a sub-department of the Hotel that most often use this online media to publicize, promote or from the image of the company to the public. Instagram is one of the online media that is currently the most widely used Public Relations in forming a corporate image in Yogyakarta. Hotels that use Instagram in the formation of a corporate image is Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa. This is due to the change of Hotel management and public opinion of the Hotel on the previous management. Research methods used Researchers in this thesis is a qualitative research with an explorative method that is by doing direct observation, interview, documentation, and research literature as data collection. The result of research has been done that the role of Public Relation in online media of Sheraton Hotel Mustika Yogyakarta Resort & Spa is very important because it can do publication, promotion or forming company image to the public quickly and economically. The constraints experienced b y Public Relations in the establishment of the hotel brand image Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa is a technical problem. Then to form the brand image of Sheraton Mustika Hotel Yogyakarta Resort & Spa through Instagram is to create content on Instagram.
Kata Kunci : Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, Instagram, Corporate Image, Public Relation/Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, Instagram, Corporate Image, Public Relation