Laporkan Masalah

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Sayuran Hidroponik di Jakarta Selatan

RADEN MUHAMMAD WIRYAHARDIANTO, Prof. Dr. Ir. Masyhuri

2017 | Skripsi | S1 SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (AGROBISNIS)

Hidroponik merupakan salah satu teknologi budidaya yang mampu menghasilkan produk dengan kualitas tinggi. Saat ini masyarakat DKI Jakarta mulai tertarik untuk mengkonsumsi sayuran hidroponik. Sementara itu, Kota Jakarta Selatan yang merupakan bagian dari DKI Jakarta yang memiliki minat yang tinggi untuk mengkonsumsi sayuran hidroponik dilihat dari banyaknya produk yang dijual di pasar modern daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik konsumen sayuran hidroponik di Kota Jakarta Selatan, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan sayuran hidroponik di Kota Jakarta Selatan, (3) mengetahui elastisitas permintaan sayuran hidroponik di Kota Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan data primer berdasarkan 50 responden di 4 supermarket yang tersebar di Kota Jakarta Selatan serta data sekunder sebagai data dukungan. Metode untuk mengetahui karakteristik konsumen menggunakan metode deskriptif dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan elastisitas permintaan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Konsumen sayuran hidroponik merupakan konsumen yang telah berkeluarga, rerata pendapatan lebih dari Rp 15.000.000 perbulan, rerata usia 42 tahun, dan besar keluarga 2-4, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan sayuran hidroponik adalah harga, pendapatan, besar keluarga, usia, dan frekuensi konsumsi, (3) Permintaan sayuran hidroponik elastis terhadap usia, namun inelastis terhadap harga, pendapatan, besar keluarga, dan frekuensi konsumsi.

Hydroponic is a technique of crop production that been able to produce high quality product. Recently, community in DKI Jakarta is getting attracted to consume hydroponic vegetables. Meanwhile, South Jakarta is a part of DKI Jakarta which also have high interest on hydroponic vegetables shown by high supply from producer to supermarkets. This research objectives are to: (1) discover consumer characteristic of hydroponic vegetables market in South Jakarta, (2) discover factors that affecting hydroponic vegetables demand in South Jakarta, (3) discover elasticity of hydroponic vegetables demand. This research used a primary data that been collected from 50 respondents in 4 supermarkets in South Jakarta, and secondary data for supports this research result. Consumer characteristic is discovered by using descriptive model, while factors that affecting demand and elasticity demand are discovered by using multiple linier regression. Results showing that: (1) Consumer of hydroponic are having family with average income over Rp 15.000.000, average age is 42, and family size between 2-4, (2) Factors that affecting hydroponic vegetables demand are price, income, family size, age, and consumption frequency, (3) Hydroponic vegetables demand is elastic to age, but inelastic to price, income, family size, and consumption frequency.

Kata Kunci : Hidroponik, Jakarta Selatan, karakter konsumen, permintaaan,

  1. S1-2017-345736-abstract.pdf  
  2. S1-2017-345736-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-345736-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-345736-title.pdf