PERAN REGULASI EMOSI TERHADAP RESILIENSI PADA SISWA SEKOLAH BERASRAMA BERBASIS SEMI MILITER
AYASAFIRA SUKMANINGPRAJA, Fauzan Heru Santhoso, M.Si., Ph.D
2017 | Skripsi | S1 PSIKOLOGITujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran regulasi emosi terhadap resiliensi pada siswa sekolah berasrama berbasis semi militer. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Adapun alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari dua skala, yaitu skala resiliensi (Reivich & Shatte, 2002) dan skala regulasi emosi (Thompson, 1994). Subjek dapat penelitian ini berjumlah 90 orang (N=90) yang merupakan campuran siswa putra dan siswi putri sekolah berasrama berbasis semi militer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien regresi sebesar 0,665 dan R2 sebesar 0,466. Hasil tersebut menunjukkan bahwa regulasi emosi berperan terhadap resiliensi sebesar 46,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa regulasi emosi berperan terhadap resiliensi pada siswa sekolah berasrama berbasis semi militer.
The purpose of this study was to determine the role of emotional regulation on resilience in boarding school students based on semi military. This research uses simple linear regression method.. Measuring instrument used was a questionnaire consisting of two scales : scale of resilience (Reivich & Shatte, 2002) and the scale of emotional regulation (Thompson, 1994). Sample of the study was 90 persons (N = 90) which is a mixture of male and female students of boarding senior high school "X" in Magelang. The results of this study indicate that the the results of this study indicate that the regression coefficient of 0.665 and R2 of 0.466. These results show that emotional regulation plays a role in resilience of 46.6%. So it can be concluded that emotional regulation plays a role in resilience in boarding senior high school "X" students based on semi military.
Kata Kunci : regulasi emosi, resiliensi, sekolah berasrama