DAYA SAING EKSPOR KOMODITAS REMPAH UNGGULAN INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL
ANDRE WIRA KUSUMAH, Ir. Any Suryantini, MM, P.Hd ; Dr. Ir Slamet Hartono, M.Sc
2017 | Skripsi | S1 SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (AGROBISNIS)Indonesia adalah negara yang terkenal akan rempahnya. Sejak 2015, ASEAN Economics Community mulai diberlakukan pertanda bahwa tidak adanya hambatan perdagangan di pasar ASEAN. Perlu dilakukan analisis daya saing rempah Indonesia agar dapat bersaing pada pasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui posisi daya saing ekspor komoditas rempah unggulan Indonesia dibandingkan dengan negara pesaing ASEAN, (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi daya saing ekspor komoditas rempah unggulan Indonesia. Dalam penelitian ini, 3 rempah unggulan Indonesia dan 3 negara ASEAN dipilih berdasarkan rerata nilai ekspor tertinggi. Penelitian menggunakan data sekunder pada periode 1984-2013. Analisis posisi daya saing dilakukan menggunakan metode RCA, AR, dan ISP, sementara analisis faktor yang mempengaruhi daya saing menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Daya saing lada, cengkeh, dan kayu manis Indonesia secara berturut-turut berada pada posisi kedua, kedua dan ketiga diantara ketiga negara pengamatan, (2) Faktor yang berpengaruh terhadap daya saing ekspor lada Indonesia adalah nilai tukar Rupiah dan rasio volume ekspor dunia terhadap Indonesia, untuk cengkeh adalah harga cengkeh dan rasio volume ekspor dunia terhadap Indonesia, sementara untuk kayu manis Indonesia dipengaruhi oleh nilai tukar Rupiah dan Inflasi.
Indonesia is known as a legitimate various herbs producer. Since 2015, ASEAN Economic Community was enacted, there will be no barrier on ASEAN trade market. There should be some Indonesian herbs competitiveness analysis in international market to understand Indonesian herbs position. This research objectives are to: (1) discover Indonesian herbs position on export market with the comparison among ASEAN countries, (2) discover factors that affecting Indonesian herbs competitiveness. This research used 3 Indonesian superior herbs and 3 ASEAN countries which chosen based on highest export value. This research used secondary data between 1984-2013. Competitiveness position analysis discovered by the analitical methods of RCA, AR, and ISP, while factors that affecting competitiveness discovered by the methods multiple linear regression. The result showing that: (1) Competitiveness of Indonesian pepper, clove, and cinnamon are as follow the second, second, and third in particular order among three comparison countries, (2) Factors that affecting on Indonesian pepper export are Indonesian rupiah exchange rate and world export volume ratio to Indonesia; for Indonesian clove are price and world export volume ratio to Indonesia; and for Indonesian cinnamon are Indonesian rupiah exchange rate and Inflation.
Kata Kunci : rempah Indonesia, daya saing, perdagangan internasional, ASEAN, keunggulan