Tinjauan Klaim Asuransi Atas Bagasi Tercatat Penumpang Pada Maskapai PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk di Bandara Adisutjipto
RAHADIAN GIRINDRAWARDHANA BUDI SANTOSO, Laurensia Andrini, S.H., LL.M.
2017 | Skripsi | S1 ILMU HUKUMPT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk adalah salah satu maskapai penerbangan milik negara yang melakukan usaha dalam bidang jasa pengangkutan udara di Indonesia yang melayani penerbangan nasional maupun internasional. Dalam melakukan kegiatan pengangkutan penumpang pasti dibayang-bayangi akan adanya resiko kerugian yang dapat terjadi terhadap penumpang, barang bawaan penumpang, awak pesawat maupun terhadap pesawat itu sendiri sehingga untuk mengurangi resiko yang dapat diderita oleh penumpang terhadap barang bawaannya maka biasanya dilakukan kerja sama pertanggungan asuransi dengan perusahaan asuransi. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tentang TINJAUAN KLAIM ASURANSI ATAS BAGASI TERCATAT PENUMPANG PADA MASKAPAI PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK DI BANDARA ADISUTJIPTO. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu mengenai hubungan hukum antara PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia dalam memberikan perlindungan asuransi terhadap barang penumpang yang tercatat dan pelaksanaan pertanggungjawaban PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk terhadap barang bagasi penumpang yang tercatat dan rusak atau hilang. Tujuan penulisan hukum ini adalah untuk mengetahui dan menganalis mengenai hubungan hukum antara PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia dan pelaksanaan atas terjadinya klaim asuransi terhadap barang milik penumpang pengguna jasa maskapai PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Metode penelitian dalam penulisan hukum ini adalah studi deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hubungan hukum antara PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia dalam memberikan perlindungan asuransi terhadap barang penumpang yang tercatat adalah hubungan hukum yang bersegi dua dan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk dalam pelaksanaan pertanggungjawabannya terhadap adanya klaim asuransi atas terjadinya kerusakan maupun hilangnya barang tercatat penumpang telah menjalankan kewajibannya selaku pelaku usaha dengan baik sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 144 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 dan Pasal 5 Nomor 77 Tahun 2011 tentang Tanggungjawab Pengangkut Udara.
PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk is one of the Indonesia's national airlines who engaged in the field of air transportation that serve in domestic and international flights. PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk in doing its air transportation must be facing some risk that can occured to the passangers goods, air crew or even to the plane itself. As the step for the precautions of the risks that can occur to the passangers and their goods, flight company usually do some insurance cooperation with other insurance company to do some insurance coverage. Therefore, the authors conducted research about REVIEW of INSURANCE CLAIMS ON PASSANGERS CHECKED BAGGAGE OF PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK AT ADISUTJIPTO AIRPORT. The formulation of the problems in this research is about the legal relationship between PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk with PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia in providing insurance protection to passangers listed goods and the implementation of the accountability of PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk to passangers listed goods that had damaged or lost. The purpose of this legal writing is to find out and analize about the legal relationship between PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk and PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia and the implementation of an insurance claim towards passangers goods of PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Passangers. The research method in this legal writing is a descriptive study with an empirical judicial approach. The result of this legal research is, that the legal relationship between PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk and PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia in providing insurance protection towards passangers goods is a two sided legal relationship and PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk in the implementation of the accountability towards insurance claims of passangers goods that damaged or lost is already carry out its obligations as the airline with good liability as mandated.
Kata Kunci : Tinjauan Klaim Asuransi, Pengangkutan Udara, Bagasi Tercatat