Flow Akademik Mahasiswa Psikologi UGM yang Mengerjakan Skripsi Ditinjau dari Efikasi Diri
HANA NAUFALINDA AFIFAH, Dr. Nida Ul Hasanat, M. Si., Psikolog
2017 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIFlow akademik adalah kondisi ketika mahasiswa melibatkan dirinya secara penuh dalam menyelesaikan tugas akademik, sedangkan efikasi diri adalah keyakinan seseorang akan kemampuannya melakukan sesuatu termasuk mengatasi berbagai hambatan dalam mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan flow akademik mahasiswa Psikologi UGM yang sedang mengerjakan skripsi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara efikasi diri terhadap flow akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Psikologi UGM yang sedang mengerjakan skripsi angkatan 2011-2013 sejumlah 70. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Skala Efikasi Diri dan Skala Flow Akademik. Data dianalisis menggunakan metode korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis penelitian ini diperoleh r = 0,654; p < 0,01, yang berarti bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dan flow akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi sehingga hipotesis diterima. Sumbangan efektif efikasi diri terhadap flow akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi sebesar 42%.
Flow in education means mental state when a person fully immersed in the current experience especially in education, while self efficacy is beliefs in one�s own ability to achieve a goal. This study aimed to explore the relationship between self efficacy and flow in education especially students finishing undergraduate thesis. The hypothesis proposed: there was a positive relationship between self efficacy and flow in education. Subjects of this study were students college of psyhcology UGM who were finishing undergraduate thesis from 2011-2013. There were 70 participant in this study. The instruments used in this study were Skala Efikasi Diri and Skala Flow Akademik. The result of this study was r = 0,654; p<0,01. That meant there were a positive correlation and significant between self efficacy with flow. Thus, the hypothesis was accepted. The effective contribution of self efficacy on flow was 42%.
Kata Kunci : self efficacy, flow in education, student