TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN DI STASIUN KUTOARJO
GANIS SUMBI R, Nuryuda Irdana, S.P., M.M.
2017 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVMeningkatnya minat pelanggan terhadap layanan kereta api menuntut customer service untuk meningkatkan pelayanan dan menjaga citra perusahaan. Untuk itu tugas akhir ini mengkaji bagaimana tugas dan tanggung jawab sebagai seorang customer service dalam meningkatkan pelayanan pelanggan di Stasiun Kutoarjo, peran customer service dalam memberikan pelayanan prima, Standar Operasional Pelayanan (SOP) sebagai staff customer service, keluhan pelanggan yang sering dihadapi oleh customer service serta bagaimana mengatasi keluhan pelanggan tersebut. Penelitian ini disajikan secara deskriptif dengan menggunakan metode observasi dengan praktek kerja lapangan sebagai customer service di Stasiun Kutoarjo, metode wawancara dan metode studi pustaka untuk mendapatkan informasi dan data yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab customer service di Stasiun Kutoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas dan tanggung jawab dari customer service adalah memberikan informasi layanan pelanggan. Customer service juga memiliki tugas untuk menangani keluhan pelanggan yang terkait keterlabatan reservasi dan masalah teknis lainnya.
Increased customer interest in rail services demand customer service to improve service and maintain corporate image. Therefore, this final project examines how the duties and responsibilities as a customer service in improving customer service in Kutoarjo Station, the role of customer service in providing excellent service, Standard Operating Services (SOP) as customer service staff, customer complaints often faced by customer service as well as how to resolve customer complaints. This research is presented descriptively by using observation method with field work practice as customer service at Kutoarjo Station, interview method and literature study method to get information and data related to duty and responsibility of customer service at Kutoarjo Station. The results show that the duties and responsibilities of customer service is to provide customer service information. Customer service also has the duty to handle customer complaints related to reservation and other technical issues.
Kata Kunci : Keywords: Customer Service Duties, Service, Customer Service, Kutoarjo Railway Station