METODE PELAKSANAAN DAN PERBANDINGAN VOLUME RENCANA DENGAN VOLUME REALISASI PEMBANGUNAN BOX JALAN (BOX PEDESTRIAN) SEMBUNG JAMBU KABUPATEN PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL PEMALANG - BATANG
SIRAJUL UMAM, Nursyamsu Hidayat, ST., MT., Ph.D.
2017 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL SVBox Jalan (Box Pedestrian) merupakan jembatan pada jalan tol yang dibangun melintang di atas jalan raya. Faktor yang mempengaruhi pembangunan box pedestrian adalah tingkat kepadatan lalu lintas dan lebar jalan pada wilayah sekitar box pedestrian. Metode pelaksanaan pembangunan pada box pedestrian terdiri dari pekerjaan persiapan, pekerjaan bottom slab, pekerjaan dinding, dan pekerjaan top slab. Setiap struktur jembatan pasti membutuhkan volume pekerjaan dan biaya dalam pembangunannya. Volume pekerjaan dibagi menjadi dua hal, yaitu volume rencana dan volume realisasi. Volume pekerjaan yang dihitung pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Pemalang � Batang adalah pekerjaan pondasi, pekerjaan pembesian, dan pekerjaan pembetonan. Hasil perbandingan volume pekejaan rencana dengan volume pekerjaan realisasi diperoleh hasil sebagai beikut. Volume pekerjaan pondasi adalah sama yaitu 1440 m1. Volume pekerjaan pada pekerjaan pembesian adalah sama yaitu 173.299,225 kg. Volume pekerjaan pada pekerjaan pembetonan yaitu, pembetonan lantai kerja adalah 80,02 m3 (rencana) dan 97 m3 (realisasi), pembetonan struktur adalah 1.186,73 m3 (rencana) dan 932 m3 (realisasi).
Box Pedestrian is the bridges on the toll road built across the streets. Factors that affect the construction of the box pedestrian are the level of density of traffic and the width of the road in the area around the box pedestrian. The work implementation of box pedestrian is consists preparation work, bottom slab work, wall work and the top slab work.. Each bridge structure definitely requires the volume of work and cost in its construction. The volume of work is divided into two things, namely the volume of plans and the volume of realization. The volume of work calculated on the Pemalang - Batang Toll Road Development Project is foundation work, form work, and concreting work. The result of the comparison of the volume of work plan with the volume of work realization obtained results as follows. The foundation work volume is 1440 m1. The volume of form work is the same that is 173.299,225 kg. The volume of work in the concrete work, the concrete work floor is 80.02 m3 (plan) and 97 m3 (realization), the concrete structure is 1,186,73 m3 (plan) and 932 m3 (realization).
Kata Kunci : Jembatan, Box Pedestrian, Metode Pelaksanaan, Volume