Laporkan Masalah

ANALISIS PENJUALAN PRODUK MINUMAN DI SUKO WINE LOUNGE HOTEL SHERATON MUSTIKA YOGYAKARTA RESORT AND SPA BULAN APRIL 2017

MONICA SIH SUKSMA P, Pitaya., S.E., M.Sc.

2017 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SV

Suko Wine Lounge merupakan salah satu outlet di Hotel Sheraton Mustika Yogyakata yang beroperasi di bawah Food and Beverage Departement. Outlet ini memberikan kontribusi dalam pendapatan hotel dengan menangani penjualan minuman. Minuman yang ditawarkan di Suko Wine Lounge meliputi minuman non alkohol maupun minuman beralkohol. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui produk minuman yang dijual oleh Suko Wine Lounge 2) Mengetahui produk minuman unggulan atau signature drink dari Suko Wine Lounge 3) Mengetahui produk minuman yang paling diminati dan dijual di Suko Wine Lounge, khususnya produk yang dijual pada April 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan sumber data primer melalui observasi dan partisipasi serta data sekunder yang berasal dari dokumen di Suko Wine Lounge. Selanjutnya dilakukan analisis penjualan untuk mengetahui produk minuman yang paling diminati oleh tamu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara penjualan minuman di bulan April 2017, Bintang Large dan Aqua merupakan produk minuman yang paling diminati oleh tamu. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penjualan masing-masing produk tersebut sejumlah 54 buah. Hal ini disebabkan oleh banyaknya tamu asing yang menyukai beer asli Indonesia, yaitu Bintang dengan volume besar (large). Sedangkan Aqua merupakan minuman yang banyak dikonsumsi pada event tertentu yang diselenggarakan di Suko Wine Lounge, selain itu Aqua termasuk minuman dengan harga yang paling murah

Suko Wine Lounge is one of the outlets at Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta which operates under the authority of Food and Beverage Department. This outlet gives the contributions for hotel revenue by handling the disposal of drinks. The drinks offered at Suko Wine Lounge are non -alcoholic drinks and alcoholic drinks. This research aimed to: 1) identify the drink products sold by Suko Wine Lounge 2) identify the signature drink by Suko Wine Lounge 3) identify the most-favourite drink products sold at Suko Wine Lounge, especially products sold on April 2017. The research method used in this research is descriptive qualitative method. The data are from primary data resources by doing observations and participations, and documents at Suko Wine Lounge as a secondary resource. Then, the next step was analysing the disposal to identify guest most favourite drink products. The research result showed that among the disposal of the drinks on April 2017, Bintang Large and Aqua were guest most favourite drinks. It was showed by 54 bottles for each drink. It was caused by the the amount of foreigners who like Indonesian original beer, Bintang Large. Meanwhile, Aqua is as the most-consumed drink for certain occasions organized at Suko Wine Lounge. Besides, in this case, Aqua includes to the cheapest price drink at Suko Wine Lounge

Kata Kunci : Sheraton Mustika Yogyakarta, penjualan, Food and Beverages departement, Sheraton Mustika Yogyakarta, disposal, Food and Beverages departement.

  1. D3-2017-370370-abstract.pdf  
  2. D3-2017-370370-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-370370-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-370370-title.pdf